Pengembangan e-modul pada pengenalan mata pelajaran rencana anggaran biaya untuk siswa kelas xi kompetensi keahlian bisnis konstruksi dan properti smkn 1 glagah banyuwangi / Firdaus Ardiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul pada pengenalan mata pelajaran rencana anggaran biaya untuk siswa kelas xi kompetensi keahlian bisnis konstruksi dan properti smkn 1 glagah banyuwangi / Firdaus Ardiansyah

Ardiansyah, Firdaus Ardiansyah (2023) Pengembangan e-modul pada pengenalan mata pelajaran rencana anggaran biaya untuk siswa kelas xi kompetensi keahlian bisnis konstruksi dan properti smkn 1 glagah banyuwangi / Firdaus Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan ini dilaksanakan di SMKN 1 Glagah Banyuwangi berdasarkan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran untuk menunjang kompetensi peserta didik. Salah satu mata pelajaran yang harus diselesaikan oleh peserta didik adalah rencana anggaran biaya yaitu sama dengan menghitung luas volume dan harga bangunan menurut standar nasional Indonesia. Selama ini peserta didik mendapatkan pengetahuan tentang rencana anggaran biaya setelah menyelesaikan latihan kerja lapangan sehingga memberikan dampak berupa kurangnya pengetahuan mengenai rencana anggaran biaya di dunia industri. Perkembangan teknologi yang semakin pesat termasuk dalam dunia pembelajaran berupa Modul Elektronik mampu menarik perhatian siswa untuk memahami dan mempelajari rencana anggaran biaya. Riset ini bertujuan menciptakan produk media pembelajaran dengan media elektronik modul (e-modul) untuk peserta didik kelas XI SMKN 1 Glagah Banyuwangi pada mata pelajaran rencana anggaran biaya. Riset ini merupakan riset yang menggunakan metode research and development dengan model ADDIE dalam pelaksanaannya dengan 5 tahapan yakni 1) Analysis 2) Design 3) Development 4) Implementation dan 5) Evaluation. Prodk akhir yang dihasilkan berupa elektronik modul berbentuk pdf berbasis aplikasi WPS Office. Peneliti melakukan validasi dari ahli dan respon peserta didik kelas XI Bisnis Konstruksi dan Properti SMKN 1 Glagah Banyuwangi guna mendapatkan skor sebagai tolak ukur kelayakan elektronik modul. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media memaparkan bahwa elektronik modul ini layak diaplikasikan kepada peserta didik karena skor yang diperoleh dari segala aspek sangat baik dengan perolehan skor 85% berdasarkan analisa hasil validasi ahli materi dan perolehan skor 92% berdasarkan analisa hasil validasi ahlli media. Serta perolehan skor 93% dan dikatakan layak berdasarkan hasil perhitungan dari lembar angket kepada peserta didik kelas XI Bisnis Konstruksi dan Properti SMKN 1 Glagah Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301413

Actions (login required)

View Item View Item