Pengaruh kualitas standart sarana dan prasarana terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior bangunan di smk negeri 2 probolinggo / M Thoriq Rusdianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas standart sarana dan prasarana terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior bangunan di smk negeri 2 probolinggo / M Thoriq Rusdianto

Rusdianto, M Thoriq Rusdianto (2023) Pengaruh kualitas standart sarana dan prasarana terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior bangunan di smk negeri 2 probolinggo / M Thoriq Rusdianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu kebutuhan mendasar bagi setiap individu di seluruh dunia. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan pembelajaran serta proses belajar yang baik. Proses pendidikan akan sulit apabila tidak adanya fasilitas pendidikan hal tersebut membuat tujuan pendidikan tidak akan tercapai. Pendidikan dapat berfungsi secara efisien dan ideal serta pendidikan juga tidak dipisahkan dari sejumlah aspek krusial ketersediaan sumber daya pendidikan seperti halnya fasilitas gedung serta prasarana untuk mendukung terselenggaranya pendidikan. Proses pendidikan dapat berjalan lancar serta tujuan mudah tercapai maka perlu adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana merupakan penunjang pendidikan serta hal tersebut dapat menarik perhatian dan membuat siswa semangat untuk belajar dengan mandiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya dengan adanya hal tersebut di dalam pendidikan sangat mempengaruhi minat peserta didik untuk belajar terutama di SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan korelasional. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel population sampling. Data diambil menggunakan skala dengan model skala likert. Instrumen yang digunakan adalah skala Sarana dan Prasarana skala minat belajar yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji ada tidaknya pengaruh antar variabel yaitu menggunakan teknik regression analysis dan partial correlation. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kualitas Sarana dan Prasarana memiliki pengaruh yang positif dan signifikan nilai sig 0 157 gt 0.05 dan nilai konstanta dari pengujian analisis sederhana untuk variabel sarana dan prasarana sebesar 0.246 dan untuk minat belajar sebesar 3.305 yang berarti minat belajar peserta didik menunjukan pengaruh terhadap Sarana dan Prasarana dan nilai koefisien Sarana dan Prasarana memiliki nilai positif yang menunjukan pengaruh yang searah jika mengalami kenaikan 1% maka minat belajar akan naik sebesar 0.246. Sehingga menunjukkan bahwa pengaruh kualitas sarana dan prasarana terhadap minat belajar peserta didik baik dan signifikan. Sarana dan prasarana di SMK 2 Probolinggo di bidang aplikasi perangkat lunak dan perencanaan interior bangunan berdampak pada minat belajar siswa maka agar semangat siswa dalam belajar meningkat hal yang perlu diperhatikan yaitu dengan meningkatkan sarana dan prasarana secara kualitatif dan kuantitatif serta relevan dengan kebutuhan peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301410

Actions (login required)

View Item View Item