Analisis kinerja simpang bersinyal di jl. letjen sutoyo-jl. w. r. supratman-jl. jaksa agung suprapto-jl. kaliurang, kota malang. / Sabri Miftahul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja simpang bersinyal di jl. letjen sutoyo-jl. w. r. supratman-jl. jaksa agung suprapto-jl. kaliurang, kota malang. / Sabri Miftahul Jannah

Jannah, Sabri Miftahul Jannah (2023) Analisis kinerja simpang bersinyal di jl. letjen sutoyo-jl. w. r. supratman-jl. jaksa agung suprapto-jl. kaliurang, kota malang. / Sabri Miftahul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemacetan sering terjadi karena semakin meningkatnya populasi penduduk dan pertumbuhan jumlah kendaraan dari waktu ke waktu. Persimpangan merupakan salah satu daerah yang sering terjadi kemacetan seperti halnya pada persimpangan di Jl. Letjen Sutoyo-Jl. W. R. Supratman-Jl. J. A. Suprapto-Jl. Kaliurang Kota Malang. Kemacetan pada persimpangan ini disebabkan oleh tingginya volume arus lalu lintas pada jam tertentu dan waktu siklus yang melebihi batas yang disarankan PKJI 2023. Dengan adanya hal tersebut dapat menimbulkan tundaan dan antrian yang panjang. Penelitian ini memiliki tujuan (1) mengevaluasi kinerja simpang bersinyal eksisting di Jl. Letjen Sutoyo-Jl. W. R. Supratman-Jl. Jaksa Agung Suprapto-Jl. Kaliurang (2) mendeskripsikan cara meningkatkan kinerja simpang bersinyal di Jl. Letjen Sutoyo-Jl. W. R. Supratman-Jl. Jaksa Agung Suprapto-Jl. Kaliurang (3) mendeskrispsikan kondisi simpang bersinyal pada 5 tahun yang akan datang di Jl. Letjen Sutoyo-Jl. W. R. Supratman-Jl. Jaksa Agung Suprapto-Jl. Kaliurang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada PKJI 2023 untuk mengetahui kondisi eksisting simpang serta alternatif solusi penanganan terbaik terhadap masalah yang terjadi di simpang tersebut. Menurut hasil penelitian diketahui (1) kinerja simpang kondisi eksisting memiliki nilai DJ 0 89 pada Pendekat Utara 2 32 pada Pendekat Timur 0 55 pada Pendekat Selatan dan 1 11 pada Pendekat Barat yang artinya kondisi simpang ini sangat jenuh. Tundaan yang terjadi sebesar 373 317 det/smp yang termasuk dalam kategori F. (2) Alternatif solusi yang dapat digunakan yaitu alternatif solusi 4 dengan pelebaran jalan dan perubahan arah pergerakan menghasilkan nilai DJ sebesar 0 68 pada semua pendekat tundaan yang terjadi sebesar 39 080 det/smp termasuk dalam kategori D. (3) kinerja simpang kondisi eksisiting pada 5 tahun mendatang sangat jenuh ditunjukkan dengan nilai DJ sebesar 0 93 pada Pendekat Utara 2 43 pada Pendekat Timur 0 58 pada Pendekat Selatan dan 1 16 pada Pendekat Barat yang artinya kondisi simpang ini sangat jenuh. Tundaan yang terjadi sebesar 401 913 det/smp yang termasuk dalam kategori F. Perkiraan kinerja simpang 5 tahun mendatang dengan alternatif solusi 4 didapatkan nilai DJ 0 71 pada tahun ke-5 dengan nilai tundaan sebesar 39 887 det/smp termasuk dalam kategori D. Berdasarkan nilai derajat kejenuhan serta tundaan yang masih berada dibawah syarat PKJI maka alternatif solusi 4 dapat digunakan untuk mengoptimalkan kinerja simpang. Sehingga pemilihan alternatif solusi 4 ini perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan kinerja simpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301409

Actions (login required)

View Item View Item