Kajian analisis kinerja simpang tak bersinyal di jl. surabaya-jl. pahlawan trip, kota malang / Widya Edi Kartika - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian analisis kinerja simpang tak bersinyal di jl. surabaya-jl. pahlawan trip, kota malang / Widya Edi Kartika

Kartika, Widya Edi Kartika (2023) Kajian analisis kinerja simpang tak bersinyal di jl. surabaya-jl. pahlawan trip, kota malang / Widya Edi Kartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Simpang tak bersinyal Jl. Surabaya-Jl. Pahlawan Trip Kota Malang merupakan simpang dengan arus lalu lintas yang cukup padat karena lokasinya yang berdekatan dengan pusat pendidikan dan daerah komersil. Kondisi geometrik yang tidak simetris juga menyebabkan waktu kendaraan untuk melewati simpang bertambah. Selain itu juga terjadinya kemacetan pada jam-jam sibuk khususnya pada pagi hari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kinerja simpang tak bersinyal Jl. Surabaya-Jl. Pahlawan Trip pada kondisi eksisting (2) mendeskripsikan kondisi simpang tak bersinyal Jl. Surabaya-Jl. Pahlawan Trip dalam 5 tahun mendatang (3) Mendeskripsikan solusi alternatif untuk mengurangi masalah simpang tak bersinyal Jl. Surabaya-Jl. Pahlawan Trip. Rancangan penelitian ini diawali dengan tahap survey awal untuk mengetahui data-data yang diperlukan dalam penelitian. Metode dalam penelitian ini menggunakan acuan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (2023) untuk memperoleh nilai derajat kejenuhan dan digunakan dalam perencanaan solusi alternatif guna meningkatkan kinerja simpang tak bersinyal. Hasil penelitian menunjukkan (1) pada kondisi eksisting memiliki nilai derajat kejenuhan sebesar 0 80 dan nilai tundaan selama 13 55 detik/smp dengan tingkat pelayanan B. Maka dari itu simpang masih layak dan belum diperlukan solusi. (2) prediksi kinerja simpang pada 5 tahun mendatang memperoleh nilai derajat kejenuhan sebesar 0 84 dengan nilai tundaan 14 32 detik/smp. Hal ini menunjukkan bahwa simpang pada kondisi tahun ke-5 belum perlu dicari solusi alternatif (3) pada tahun ke-7 nilai derajat kejenuhan simpang sebesar 0 86 yang berarti sudah melebihi nilai 0 85. Maka pada kondisi tersebut diperlukan solusi untuk meningkatkan kinerja simpang. Solusi alternatif yang dapat meningkatkan kinerja simpang adalah merubah simpang tak bersinyal menjadi simpang bersinyal 2 fase pelarangan belok kanan tidak tersedianya fasilitas belok kiri langsung dan pelebaran jalan pada pendekat selatan. Hasil perhitungan menggunakan solusi alternatif ini mendapatkan nilai derajat kejenuhan sebesar 0 65 dan waktu tundaan selama 7 078 detik/smp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301408

Actions (login required)

View Item View Item