Implementasi model pembelajaran teams game tournament untuk meningkatkan keaktifan dan capaian belajar peserta didik pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi di smk negeri 6 malang / Muhammad Ammar Afif - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran teams game tournament untuk meningkatkan keaktifan dan capaian belajar peserta didik pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi di smk negeri 6 malang / Muhammad Ammar Afif

Afif, Muhammad Ammar Afif (2023) Implementasi model pembelajaran teams game tournament untuk meningkatkan keaktifan dan capaian belajar peserta didik pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi di smk negeri 6 malang / Muhammad Ammar Afif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keaktifan dan capaian belajar memiliki peran penting terhadap suksesnya kegiatan pembelajaran. Namun melalui hasil pengamatan dan wawancara pada mata pelajaran EBK kedua indicator tersebut masih kurang. Dimana keaktifan peserta didik saat menerapkan model pembelajaran konvensional mencapai 40% dan capaian belajar mencapai 54 3%. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat diterapkan Teams Game Tournament (TGT) sebagai model pembelajaran. Model pembelajaran TGT merupakan cara belajar dimana peserta didik belajar dalam kelompok sambil bermain dan berkompetisi untuk menjawab pertanyaan dengan jawaban yang benar sebanyak mungkin. Model ini juga dapat mendorong sikap kooperatif antar peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran TGT dalam meningkatkan keaktifan dan capaian belajar peserta didik keaktifan peserta didik serta capaian belajar peserta didik. Pada penelitian ini digunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan mengadopsi model Kemmis dan Robbin Mc. Taggart. Terdapat tiga siklus yang diterapkan dimana setiap siklus memiliki 7 tahapan yaitu persiapan pembelajaran pembentukan tim penyampaian materi game dan turnamen penghargaan dan akhir pembelajaran. Urutan tahapan pada siklus I berbeda dari siklus II dan III hal ini bertujuan untuk melakukan perbaikan terhadap kekurangan yang teridentifikasi pada refleksi siklus I. Subjek penelitian ini adalah 35 peserta didik kelas XI DPIB 2 SMK Negeri 6 Malang pada mata pelajaran EBK. Data yang dihimpun meliputi lembar observasi aktivitas guru lembar observasi keaktifan peserta didik dan post test. Data tersebut dilakukan perhitungan dan analisis menggunakan teknik kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil perhitungan dan analisis digunakan untuk menentukan kategori tingkat keaktifan dan capaian belajar peserta didik. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi terbaik terdapat pada siklus II dan III. Penerapan model pembelajaran TGT terbukti mampu meningkatkan keaktifan dan capaian belajar peserta didik. Keaktifan peserta didik mengalami peningkatan paling tinggi di siklus III dengan kenaikan sebesar 40% dari pra siklus. Capaian belajar peserta didik mengalami peningkatan paling tinggi di siklus III dengan kenaikan nilai rata-rata yaitu sebesar 23 91. Ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan paling tinggi di siklus III dengan kenaikan sebesar 42 86% dari pra siklus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301407

Actions (login required)

View Item View Item