Pengembangan media pembelajaran konstruksi bangunan gedung berbasis “augmented reality” untuk meningkatkan pemahaman siswa dpib smkn 2 bojonegoro / ANDRIAN DWI FEBRIYANTO - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran konstruksi bangunan gedung berbasis “augmented reality” untuk meningkatkan pemahaman siswa dpib smkn 2 bojonegoro / ANDRIAN DWI FEBRIYANTO

Febriyanto, Andrian Dwi Febriyanto (2023) Pengembangan media pembelajaran konstruksi bangunan gedung berbasis “augmented reality” untuk meningkatkan pemahaman siswa dpib smkn 2 bojonegoro / ANDRIAN DWI FEBRIYANTO. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tingkat pemahaman siswa yang rendah terkait materi Konstruksi Bangunan Gedung. Siswa sulit untuk memahami materi karena strategi pembelajaran yang digunakan guru masih menggunakan penyampaian satu arah jadi anak kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Selain itu belum ada media pembelajaran yang mengasosiasikan materi sehingga mudah dipahami siswa. Sejalan dengan perkembangan zaman guru dituntut kreatif dalam menggunakan teknologi yang ada. Maka dari itu dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang perlu dibuat media pembelajaran yang menarik dan dapat meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran Konstruksi Bangunan Gedung berbasis Augmented Reality untuk siswa DPIB SMKN 2 Bojonegoro dan menguji kelayakannya untuk dipakai pada pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development. Penelitian ini dikembangkan menggunakan model penelitian Lee amp Owens dengan lima tahap yaitu 1) assessment/analysis 2) Design 3) Development 4) Implementation (5) Evaluation. Selanjutnya media diuji kelayakannya oleh ahli materi dan ahli media serta di uji coba ke peserta didik untuk mengetahui tingkat keterbacaannya. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran aplikasi android berbasis Augmented Reality dan sebuah marker book berisi materi Konstruksi Bangunan Gedung yang dilengkapi dengan marker book. Selanjutnya pada uji kelayakan materi didapatkan persentase kelayakan sebesar 85 83 %.. Pada uji kelayakan media didapatkan persentase kelayakan sebesar 86 39 %.Pada uji keterbacaan didapatkan persentase kelayakan sebesar 87 29%. Berdasarkan uraian diatas selanjutnya dilakukan rata ndash rata keseluruhan dan didapatkan persentase sebesar 86 51 % sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dikategorikan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301403

Actions (login required)

View Item View Item