Hubungan kualitas penilaian dengan motivasi belajar siswa pada departemen bangunan smk negeri 1 blitar / M. Irfan Endrifianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kualitas penilaian dengan motivasi belajar siswa pada departemen bangunan smk negeri 1 blitar / M. Irfan Endrifianto

Endrifianto, M. Irfan Endrifianto (2023) Hubungan kualitas penilaian dengan motivasi belajar siswa pada departemen bangunan smk negeri 1 blitar / M. Irfan Endrifianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi belajar memegang peranan penting dalam bidang pendidikan terutama pada prestasi belajar. Penelitian terdahulu menyatakan bahwa rendahnya motivasi belajar pada siswa menjadikan PR tersendiri bagi pihak sekolah serta kualitas pada bidang Teknik Bangunan pasca sertifikasi masih terdapat penilaian yang kurang baik Guru dalam menilai harus menguasai kriteria aspek penilaian antara lain keterampilan keaktifan sikap dan pengetahuan. Jika guru memiliki kekurangan dalam memberi penilaian sehingga nilai menjadi lemah dapat mempengaruhi motivasi semangat belajar siswa serta dapat menurunkan prestasi siswa dikarenakan pertumbuhan minat belajar siswa sangat dipengaruhi oleh peran guru. Hasil pengamatan dan data-data dari beberapa guru mata pelajaran di departemen bangunan didapatkan bahwa kesulitan belajar siswa salah satunya terdapat pada mata pelajaran estimasi biaya kesulitan belajar siswa lebih disebabkan siswa malas belajar dan tidak bersemangat dalam menerima pelajaran dikelas. Dari inilah alasan peneliti melakukan penelitian yang terkait dengan penilaian dan motivasi belajar di SMKN 1 Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas penilaian tingkatan motivasi belajar siswa serta hubungan kualitas penilaian dengan motivasi belajar siswa pada Departemen Bangunan di SMKN 1 Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 125 siswa. Penelitian ini menggunakan metode angket dalam pengumpulan data serta teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas uji linieritas uji homoskedastisitas dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas penilaian pada pembelajaran di Departemen Bangunan di SMKN 1 Blitar tergolong sangat baik dengan aspek terbesar terdapat pada indikator keadilan penilaian. Tingkat motivasi belajar siswa Departemen Bangunan SMKN 1 Blitar tergolong cukup serta menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kualitas penilaian dengan motivasi belajar siswa pada Departemen Bangunan di SMKN 1 Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301402

Actions (login required)

View Item View Item