Perbedaan pembelajaran project based learning dan konvensional terhadap hasil belajar siswa smk islam 1 blitar / Muhammad Irham Fitrullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan pembelajaran project based learning dan konvensional terhadap hasil belajar siswa smk islam 1 blitar / Muhammad Irham Fitrullah

Fitrullah, Muhammad Irham Fitrullah (2023) Perbedaan pembelajaran project based learning dan konvensional terhadap hasil belajar siswa smk islam 1 blitar / Muhammad Irham Fitrullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fitrullah Muhammad Irham. 2022. Perbedaan Pembelajaran Konvensional Dan Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Smk Islam 1 Blitar. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Isnandar M.T. (II) Drs. Antelas Eka Winahyo M.pd. Kata Kunci project based learning konvensional hasil belajar siswa Pembelajaran project best learning merupakan suatu pengajaran yang mencoba mengaitkan antara teknologi dengan masalah kehidupan sehari-hari yang akrab dengan siswa atau dengan proyek sekolah. Pembelajaran berbasis proyek memiliki potensi yang amat besar untuk membuat pengalam belajar yang lebih menarik dan bermanfaat bagi peserta didik. Pembelajaran konvensional merupakan pembelajaran tradisional yang salah satu di antaranya adalah ceramah. Suatu cara penyampaian informasi dengan lisan kepada sejumlah pendengar dan siswa ditempatkan sebagai objek belajar yang berperan sebagai sebagai penerima informasi yang pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran project based learning dan pembelajaran kon vensional terhadap hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunkan quasi eksperimen. Kemudian dilakukan analisis perbedaan nilai hasil test yang dilakukan pretest dan posttest. Rancangan dipenelitian ini diawali dengan melakukan pretest yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakukan pembelajaran kemudian setelah dilakukan pretest siswa diberi perlakuan sesuai kelompok yang sudah dibagi. Dari masing-masing kelompok yang sudah diberi perlakukan yang berbeda diberikan posttest untuk menguji hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa sebelum diberi perlakukan untuk kelas XI DPIB A diperoleh nilai sebesar 46.60 dan untuk kelas XI DPIB B dipeloreh nilai sebesar 48.08. Pada tes selanjutnya setelah diberi perlakuan kelas XI DPIB A diberi perlakukan project based learning siswa mendapat nilai rata-rata sebesar 90.39 dan pada kelas XI DPIB B diperlakukan pembelajaran konvensional mendapat nilai rata-rata sebesar 49.95. Hasil analisis data untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan pada penggunaan perlakukan pembelajaran project based learning dan pembelajaran komvensional mengalami perbedaan yang signifikan. Nilai signifikan yang diperoleh adalah 0.001 yang lebih kecil dari pada 0.05 (0.001 le 0.05) sehingga dapat disimpilkan pembelajaran project based learning memiliki perbedaan hasil belajar maka dapat diartikan H0 berhasil ditolak dan H1 berhasil diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301400

Actions (login required)

View Item View Item