Pengaruh penggunaan android dan media pembelajaran interaktif berbasis application package kit (apk) terhadap hasil belajar mekanika teknik smk islam 1 blitar / Achmad Adam Alfian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan android dan media pembelajaran interaktif berbasis application package kit (apk) terhadap hasil belajar mekanika teknik smk islam 1 blitar / Achmad Adam Alfian

Alfian, Achmad Adam Alfian (2023) Pengaruh penggunaan android dan media pembelajaran interaktif berbasis application package kit (apk) terhadap hasil belajar mekanika teknik smk islam 1 blitar / Achmad Adam Alfian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan android dan media pembelajaran application package kit (APK) terhadap hasil belajar siswa Kelas X DPIB 1 pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik di SMK Islam 1 Blitar. Hasil belajar adalah kompetensi atau kemampuan tertentu yang dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar dan meliputi keterampilan kognitif afektif maupun psikomotor. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain penggunaan media lingkungan sekolah dan diri sendiri. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode regresi. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa di Kelas X DPIB 1 SMK Islam 1 Blitar. Teknik pengambilan data yang dipakai berbentuk kuisioner yang masing-masing variable meiliki 15 item pernyataan dengan 4 pilihan jawaban. Teknik analisis data berisi analisis deskriptif uji prasyarat analisis regresi sederhana analisis regresi berganda determinasi uji t dan uji F. Hasil penelitian diolah dengan menggunakan program SPSS for windows versi 26. Berdasarkan hasil analisis regresi ganda diperoleh Fhitung sebesar 3 748 dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0 000 (Sig. lt 0 05) sehingga dapat disimpulkan bahwa variable penggunaan android dan media pembelajaran interaktif berbasis Application Package Kit (APK) secara signifikan berpengaruh terhadap variabel hasil belajar pada siswa kelas X DPIB 1 di SMK Islam 1 Blitar. Model persamaan linier berganda adalah sebagai berikut Y 4 910 0 778 X1 - 0 266 X2 Sedangkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0 491 menunjukkan secara simultan variabel penggunaan android dan media pembelajaran interaktif berbasis Application Package Kit (APK) dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 49%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301399

Actions (login required)

View Item View Item