Muzakhi, Agung Muzakhi (2023) Pengaruh antara manajemen waktu dan fasilitas belajar dengan tingkat motivasi dan prestasi belajar siswa smk / Agung Muzakhi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Manajemen waktu belajar yang baik bagi seorang siswa dalam melakukan pembelajaran adalah pada pagi hari karena siswa lebih mudah fokus serta berkonsentrasi sehingga minat untuk belajar lebih tinggi. Fasilitas belajar yang baik memiliki peranan penting dalam proses kegiatan pengajaran dan dengan fasilitas tersebut dapat motivasi siswa akan meningkat sehingga dalam menerima pelajaran nantinya akan tercapai tujuan dalam pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan dalam melihat adanya keterkaitan antara manajemen waktu serta fasilitas belajar sehingga motivasi dan prestasi belajar siswa SMK dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Penelitian dilakukan di kelas XII Jurusan DPIB SMKN 6 Malang. Populasi dari kelas XII berjumlah 64 orang dan semua populasi tersebut dijadikan sampel. Pengumpulan data penelitian ini yaitu penyebaran kuesioner. Selain itu untuk instrumen penelitiannya mengadopsi dari beberapa penelitian terdahulu dengan nilai validitas dan reliabilitas tertentu yang memenuhi. Hasil penelitian dari variabel manajemen waktu (X1) dan fasilitas belajar (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel motivasi dan prestasi belajar siswa smk dengan nilai fhitung gt ftabel yaitu 3 697 gt 3 148 dan nilai signifikansi 0 031 lt 0 05. Untuk analisis deskriptif motivasi dan prestasi belajar siswa SMK mendapatkan skor 56 20 atau 70 25% yang memiliki arti perlu adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa SMK. Selanjutnya dari hasil penelitian kedua variabel didapatkan nilai r square sebesar 10 8% dan 89 2% lainnya dari variabel yang tidak ada dalam penelitian ini. 72% siswa masih sulit untuk berkonsentrasi ketika belajar pada saat seharian beraktivitas dibandingkan dengan siswa yang belum melakukan aktivitas dan siswa setuju jika ruangan belajar dan peralatan belajar yang digunakan seringkali menghambat dalam proses pembelajaran dengan persentase 58 42% dan 41 50%. Saran yang diajukan yaitu peningkatan motivasi harus ditingkatkan baik dari siswa maupun guru selain itu bagi pihak sekolah dan pihak dinas pendidikan perlu dilakukan evaluasi terkait manajemen waktu bagi siswa agar tidak terjadi perbedaan antara siswa yang di jam pagi dan jam siang serta peningkatan fasilitas belajar demi kenyamanan siswa sehingga memperoleh tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/301387 |
Actions (login required)
View Item |