Efektivitas guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada elemen gambar teknik di smkn 2 probolinggo / Alviatul Akmalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada elemen gambar teknik di smkn 2 probolinggo / Alviatul Akmalia

Akmalia, Alviatul Akmalia (2023) Efektivitas guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada elemen gambar teknik di smkn 2 probolinggo / Alviatul Akmalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Satu diantara beberapa model pembelajaran yang cocok diimplementasikan di SMK yakni guided discovery learning yang mana pembelajarannya mengutamakan siswa sebagai pemeran utama yang aktif saat proses mencari konsep pemahaman dengan mandiri. Model pembelajaran ini mampu menjadikan hasil belajar dan kemandirian siswa lebih meningkat. Dilakukannya penelitian ini guna mengetahui efektivitas guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada elemen gambar teknik di SMK dibandingkan dengan model pembelajaran ceramah. Penelitian ini mempergunakan desain penelitian quasi experimental yang berpola nonequivalent control group design. Lokasi dilakukannya eksperimen yaitu di SMKN 2 Probolinggo dan mempergunakan sampel penelitian terdiri dari kelas X DPIB 1 sebagai kelompok eksperimen dan X DPIB 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang dipakai berbentuk tes (pengetahuan serta keterampilan menggambar) terdiri dari dua yaitu pretest dan posttest. Pretest diselenggarakan guna mengetahui keadaan atau situasi awal siswa sebelum diberlakukan suatu perlakuan dan posttest diselenggarakan guna mengukur peningkatan hasil belajar siswa seusai diberi perlakuan. Perlakuan yang dimaksud adalah penerapan guided discovery learning (kelompok eksperimen) dan model pembelajaran teacher centered learning (kelompok kontrol). Berlandaskan sesuai hasil analisis deskriptif data pretest kelompok eksperimen mempunyai nilai pengetahuan berata-rata 57 64 dan nilai keterampilan dengan rata-rata 65 14. Hasil tersebut berada pada taraf belum mencapai ketuntasan belajar. Selanjutnya berdasarkan analisis deskriptif data posttest kelompok eksperimen memiliki nilai pengetahuan dengan rata-rata 88 07 dan nilai keterampilan dengan rata-rata 79 40 yang berada pada taraf sudah mencapai ketuntasan. Merujuk pada hasil uji hipotesis penelitian menyatakan bahwa nilai pengetahuan dan nilai keterampilan kelas X DPIB 1 lebih tinggi peningkatannya secara signifikan dibandingkan dengan kelas X DPIB 2 sehingga model guided discovery learning lebih efektif dalam memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan menggunakan model pembelajaran teacher centered learning pada elemen gambar teknik di SMKN 2 Probolinggo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301386

Actions (login required)

View Item View Item