Pengaruh praktik pengalaman lapangan (PPL) dan adaptability skill terhadap kesiapan mahasiswa kependidikan menjadi calon tenaga pendidik profesional / Elsa Pratiwi Nurdianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh praktik pengalaman lapangan (PPL) dan adaptability skill terhadap kesiapan mahasiswa kependidikan menjadi calon tenaga pendidik profesional / Elsa Pratiwi Nurdianti

Nurdianti, Elsa Pratiwi (2023) Pengaruh praktik pengalaman lapangan (PPL) dan adaptability skill terhadap kesiapan mahasiswa kependidikan menjadi calon tenaga pendidik profesional / Elsa Pratiwi Nurdianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesiapan kerja perlu dimiliki oleh mahasiswa khususnya pada jurusan kependidikan dalam mempersiapkan dirinya terjun ke dunia kerja dengan baik sesuai dengan bidang keahliannya. Mahasiswa jurusan kependidikan yang diciptakan untuk menjadi seorang guru tentunya harus menguasai kompetensi-kompetensi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Adaptability Skill terhadap kesiapan mahasiswa kependidikan menjadi calon tenaga pendidik profesional pada mahasiswa program studi Pendidikan di Fakultas Teknik angkatan 2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dimana data yang diperoleh berupa angka dan teknik analisis yang digunakan dengan metode perhitungan statistik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini diperoleh secara adopsi yang telah di hitung nilai validitas dan reliabilitasnya dan telah memenuhi syarat instrumen. Uji normalitas uji multikolinieritas dan uji heterokedasitas digunakan pada penelitian ini sebagai uji prasyarat analisis dan metode analisis data menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh PPL terhadap kesiapan menjadi guru profesional dengan nilai t hitung 2 410 dan nilai signifikansi 0 017. 2) Terdapat Pengaruh adaptability skill terhadap kesiapan menjadi guru profesional dengan nilai t hitung 5 383 dan nilai signifikansi 0 000. 3) Terdapat pengaruh antara PPL dan adaptability skill secara bersama terhadap kesiapan menjadi guru profesional dengan nilai F hitung 37 442 dan nilai signifikansi 0 000. Nilai koefisien determinasi (R2) adalah 0 273 atau 27 3% yang berarti bahwa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Adaptability Skill berpengaruh terhadap Kesiapan Mahasiswa Jurusan Kependidikan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang menjadi Tenaga Pendidik Profesional sebersar 27 3% sedangkan sisanya 73 7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:29
Last Modified: 05 Dec 2023 07:07
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301385

Actions (login required)

View Item View Item