Analisis tingkat pemahaman guru mengenai konsep pembelajaran project based learning dalam kurikulum merdeka di smk / Dian Dwi Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis tingkat pemahaman guru mengenai konsep pembelajaran project based learning dalam kurikulum merdeka di smk / Dian Dwi Utami

Utami, Dian Dwi Utami (2023) Analisis tingkat pemahaman guru mengenai konsep pembelajaran project based learning dalam kurikulum merdeka di smk / Dian Dwi Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada proses belajar mengajar diperlukannya suatu metode pembelajaran yang diterapkan guna memberikan pemahaman yang maksimal kepada siswa mengenai topik pembelajaran yang diajarkan sehingga siswa dapat optimal dalam menyerap ilmu yang diberikan oleh guru. Sistem pembelajaran yang berlangsung saat ini juga didasari oleh kurikulum yang berlaku. Kurikulum yang diterapkan pada saat ini adalah Kurikulum Merdeka. Pada kurikulum ini output yang ingin dicapai adalah sikap kolaborasi kreatif serta pembelajaran berpusat pada siswa. Penerapan kurikulum ini juga sebagai salah satu terobosan menangani ketertinggalan belajar rasa jenuh dan malas pada siswa akibat pandemic covid-19. Untuk mengatasi hal tersebut pada kurikulum merdeka pemerintah menetapkan metode pembelajaran project based learning sebagai salah satu metode pembelajaran yang harus diterapkan saat ini pada proses belajar mengajar. Penggunaan metode pembelajaran project based learning pada kurikulum merdeka juga menjadi tantangan bagi guru untuk dapat menerapkannya. Maka dari itu dibutuhkan indeks pengukur apakah guru sudah paham mengenai metode pembelajaran yang diterapkan yaitu project based learning. Maka dari itu pemahaman guru juga mempengaruhi kesiapan dalam menerapkan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan. Penelitian ini membahas mengenai tingkat pemahaman guru dalam menerapkan pembelajaran project based learning khususnya pada jenjang SMK. Untuk mengukur tingkat pemahaman guru di SMK dilakukan penyebaran kuisioner sebagai alat pengambilan data. Peneliti melakukan penelitian pada 35 guru yang mengajar di jurusan bangunan di SMK Negeri 1 Singosari. Kuisioner yang diberikan pada responden merupakan adopsi dari penelitian sebelumnya yang sudah memenuhi nilai validitas dan reliabilitasnya. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan nilai reliabilitas sebesar 0 754 dan dikatakan reliabel karena melebihi dari standar yaitu 0 6. Data yang didapat kemudian dihitung persentase dari pemahaman guru mengenai pembelajaran project based learning. Dan didapatkan hasil bahwa 37% sangat tinggi 29% tinggi dan 34% cukup tinggi mengenai pemahaman guru tentang konsep pembelajaran project based learning dalam kurikulum Merdeka di SMK. Dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman guru mengenai konsep pembelajaran project based learning dalam kurikulum Merdeka pada tingkat SMK sudah dikatakan paham dan siap menerapkannya pada proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301384

Actions (login required)

View Item View Item