Efektivitas model pembelajaran project based learning (pjbl) pada mata pelajaran produktif di smk / Anita Aurora Tjokro - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas model pembelajaran project based learning (pjbl) pada mata pelajaran produktif di smk / Anita Aurora Tjokro

Tjokro, Anita Aurora Tjokro (2023) Efektivitas model pembelajaran project based learning (pjbl) pada mata pelajaran produktif di smk / Anita Aurora Tjokro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan individu pada tiap siswa adalah Project Based Learning (PjBL). PjBL sendiri mampu membantu siswa dalam membangun pengetahuan melalui pemecahan masalah yang nyata pada tugas proyek. Tahapan pembelajaran ini mampu menumbuhkan motivasi siswa secara perlahan. Di tahap awal siswa akan merasa kesulitan ketika mengerjakan namun seiring berjalannya waktu siswa akan memiliki pengalaman sehingga terbiasa menghadapi berbagai masalah pada tiap bagian proyek. Sehingga pada tahap akhir kompetensi siswa akan terus meningkat karena banyak mempraktekkan teori belajar. Penerapan tugas proyek gabungan dari beberapa mata pelajaran akan diteliti untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa ketika menerapkan PjBL di kelas. Penelitian yang dilakukan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Lokasi penelitian berada di SMKN 1 Blitar dengan sampel penelitian merupakan kelas XII DPIB 1. Instrumen yang digunakan berbentuk lembar observasi sebagai data kuantitatif dan lembar wawancara sebagai data kualitatif. Pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa dilakukan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Sedangkan mata pelajaran dengan tugas proyek gabungan yang dimaksud adalah Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung (APLPIG) Estimasi Biaya Konstruksi (EBK) dan Konstruksi Utilitas Gedung (KUG). Hasil observasi yang didapat adalah pada siklus 1 nilai rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 69 19% sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 78 82%. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada tiap mata pelajaran menyatakan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus 1 ke siklus 2. Selain itu dengan dilakukan pengamatan pada 7 jenis aktivitas belajar dapat diketahui pula tiap siswa mengalami peningkatkan pada masing-masing jenis aktivitas belajar selama berlangsungnya PTK. Kesimpulannya terdapat peningkatan aktivitas belajar selama penerapan PjBL dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301383

Actions (login required)

View Item View Item