Pengembangan e-modul berbasis teknologi augmented reality pada materi green materials untuk kelas x smk / Cristina Asyari Rukmana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis teknologi augmented reality pada materi green materials untuk kelas x smk / Cristina Asyari Rukmana

Rukmana, Cristina Asyari (2023) Pengembangan e-modul berbasis teknologi augmented reality pada materi green materials untuk kelas x smk / Cristina Asyari Rukmana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran ada beberapa administrasi yang perlu dipersiapkan oleh pendidik sebelum melakukan proses pembelajaran salah satunya yaitu media pembelajaran. Pada ada umumnya proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbentuk buku sebagai perangkat pembelajaran sering dilakukan dan mengakibatkan peserta didik mengalami kebosanan serta mengantuk ketika pembelajaran. Salah satu pendekatan baru education 4.0 yaitu melalui pendekatan cybergogy. Dalam hal ini salah satu cara penerapan pendekatan cybergogy dalam proses pembelajaran yaitu menggunakan aplikasi Augmented Reality (AR). Augmented Reality (AR) salah satu media pembelajaran dengan potensi keunggulan membuat objek virtual 2D atau 3D dimana hal ini dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan peserta didik dalam tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian yaitu (1) Mengetahui bentuk pengembangan e-modul education 4.0 sebagai bahan ajar materi green material (2) Mengetahui respon daya tarik peserta didik untuk membaca dan mempelajari e-modul berbasis teknologi augmented reality sebagai bentuk bahan ajar baru (3) Mengetahui tingkat pemahaman peserta didik setelah menggunakan e-modul berbasis teknologi augmented reality dalam memahami dan membayangkan pengaplikasian green materials pada bangunan nyata. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD) dengan jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Blitar dengan subjek penelitian validator dan uji lapangan. Subjek validator terdiri dari ahli media ahli materi ahli bahasa dan validator praktisi (guru). Kemudian subjek uji lapangan yaitu seluruh siswa kelas X DPIB yang dibagi mejadi dua kelas (kontrol dan eksperimen). Instrumen yang digunakan berupa angket. Setelah dilakukan validasi langkah selanjutnya menerapkan e-modul dan aplikasi AR di dalam proses pembelajaran elemen. Sebelum dibagikan link aplikasi terlebih dahulu siswa diberikan soal pretest kemudian dua kali pertemuan pembelajaran menggunakan media pembelajaran pengembangan dan diakhiri proses pembelajaran dengan soal posttest. Hal ini dilakukan untuk memperkuat keefektifan media pembelajaran yang telah dikembangkan serta melihat perbedaan tingkat pemahaman antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis penelitian didapatkan nilai validasi yang memenuhi kriteria bahwa e-modul dan aplikasi AR yang telah dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran eduaction 4.0. Dari nilai angket respon peserta didik didapatkan nilai yang menunjukkan bahwa peserta didik tertarik dan minat baca meningkat ketika menggunakan e-modul dan apliaksi AR yang telah dikembangkan. Kemudian dari nilai pretest-posttest kedua kelas menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat pemahaman siswa dan e-modul beserta aplikasi AR yang telah dikembangkan dapat dikatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran maupun digunakan belajar secara mandiri oleh peserta didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:29
Last Modified: 03 Nov 2023 06:13
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301382

Actions (login required)

View Item View Item