Penerapan media pembelajaran video tutorial interaktif pada mata pelajaran gambar teknik penggunaan autocad di smk / Lelly Widho Retno Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media pembelajaran video tutorial interaktif pada mata pelajaran gambar teknik penggunaan autocad di smk / Lelly Widho Retno Putri

Putri, Lelly Widho Retno Putri (2023) Penerapan media pembelajaran video tutorial interaktif pada mata pelajaran gambar teknik penggunaan autocad di smk / Lelly Widho Retno Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran menjadi suatu alat perantara model pembelajaran bagi guru ketika melakukan penyampaian materi ke siswa. Media yang aktif adalah dimana siswa terlibat dalam proses pembelajaran untuk berinteraksi berfikir berani untuk melakukan percobaan dan mendapatkan konsep ide dan juga hasilnya. Seiring berjalannya waktu terdapat teknologi yang dapat digunakan untuk mengembangkan pembalajaran interaktif yang digunakan guru dalam penyampaian belajar yang terdapat komunikasi dua arah. Untuk mewujudkan ide baru dalam proses pengembangan media pembelajaran maka diperlukan media berbentuk video tutorial interaktif penggunaan Autocad. Oleh karena itu video tutorial interaktif ini dibutuhkan sebagai metode untuk memproyeksikan sebuah materi. Terdapat tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) dapat mengetahui seberapa tingkat kelayakan media pembelajaran video tutorial interakif dalam penggunan Autocad yang sesuai untuk mata pelajaran gambar teknik di SMK (2) mengetahui peningkatan motivasi siswa pada saat menggunakan media pembelajaran video tutorial interaktif dalam penggunaan Autocad pada mata pelajaran gambar teknik di jurusan TKP. Jenis penelitian ini telah menggunakan data penelitian kuantitatif dimana hasil data yang didapati peneliti berupa angka dan teknik analisisnya yang digunakan dengan metode perhitungan statistik. Instrument sendiri yang digunakan untuk penelitian ini diperoleh secara adopsi yang sudah telah di hitung nilai validitas dan reliabilitasnya dan telah memenuhi syarat instrument. Instrument yang digunakan berupa angket. Untuk mengetahui tingkat keinteraktifan siswa peniliti membagikan soal yang ada dalam media dan diakhiri dengan mengisi kuesioner untuk diambil data yang mempengaruhi media terhadap motivasi belajar siswa yang dimana data tersebut sudah dihitung dengan menggunakan bantuan uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301381

Actions (login required)

View Item View Item