Pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Suzuki (studi pada konsumen sepeda motor Suzuki di wilayah Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing Malang) / Firman Arif Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Suzuki (studi pada konsumen sepeda motor Suzuki di wilayah Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing Malang) / Firman Arif Wijaya

Firman Arif Wijaya (2009) Pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Suzuki (studi pada konsumen sepeda motor Suzuki di wilayah Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing Malang) / Firman Arif Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pertumbuhan konsumen sepeda motor meningkat luar biasa. Di tengah-tengah persaingan yang tajam akibat banyaknya pendatang baru sepeda motor merek Suzuki yang sudah lama berada di Indonesia dengan segala keunggulan yang dimiliki tetap mampu memenuhi kebutuhan alat transportasi yang tangguh irit dan ekonomis. Banyak faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk barang dan jasa. Salah satu faktor yang turut mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah faktor pribadi. Penelitian ini berupaya menjelaskan mengenai pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Suzuki. Faktor pribadi sebagai variabel bebas meliputi usia dan tahap siklus hidup keluarga lingkungan ekonomi dan pekerjaan gaya hidup kepribadian dan konsep diri. Sedangkan keputusan pembelian merupakan variabel terikatnya. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner. Instrumen penelitian tersebut menggunakan menggunakan Skala Likert dengan 5 skala pengukuran yaitu sangat setuju (5) setuju (4) ragu-ragu (3) tidak setuju (2) sangat tidak setuju (1). Populasi dalam penelitian ini tergolong tidak terhingga jumlahnya. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen yang memiliki sepeda motor merek Suzuki di wilayah Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing Malang. Sedangkan pengambilan sampel berjumlah 100 responden. Tehnik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah quota sampling dan accidental sampling. Analisis data dilakukan mengunakan analisis regresi linier berganda bantuan dengan bantuan SPSS 12. Setelah melalui proses pengolahan data dan analisis regresi linier berganda diketahui hasil penelitian menyatakan bahwa (1) usia dan tahap siklus hidup keluarga menunjukkan signifikasi di bawah 0 05 dan nilai t hitung X1 sebesar 4 270 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1 985 dan nilai Standardized Coefficients Beta sebesar 0 365 (2) lingkungan ekonomi dan pekerjaan menunjukkan signifikasi di atas 0 05 dan nilai t hitung X2 sebesar 0 473 lebih kecil dari nilai t tabel sebesar 1 985 dan nilai Standardized Coefficients Beta sebesar -0 038 (3) gaya hidup menunjukkan signifikasi di bawah 0 005 yaitu 0 000 dan nilai t hitung X3 sebesar 2 374 lebih besar dari nilai t tabel yang sebesar 1 985 dan nilai Standardized Coefficients Beta sebesar 0 240 (4) kepribadian dan konsep diri menunjukkan signifikasi di bawah 0 005 yaitu 0 000 dan nilai t hitung X4 sebesar 2 725 lebih besar dari nilai t tabel yang sebesar 1 985 dan nilai Standardized Coefficients Beta sebesar 0 250. Untuk uji F didapatkan nilai F hitung sebesar 17 444 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 2 46 dengan signifikansi sebesar 0 000. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) ada pengaruh positif yang signifikan antara usia dan tahap siklus hidup keluarga terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Suzuki di wilayah Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing Malang (2) tidak ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan ekonomi dan pekerjaan terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Suzuki di wilayah Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing Malang (3) ada pengaruh positif yang signifikan antara gaya hidup terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Suzuki di wilayah Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing Malang (4) ada pengaruh positif yang signifikan antara kepribadian dan konsep diri terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Suzuki di wilayah Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing Malang (5) ada pengaruh positif yang signifikan antara usia dan tahap siklus hidup keluarga keadaan ekonomi dan pekerjaan gaya hidup kepribadian dan konsep diri secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Suzuki di wilayah Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing Malang (6) usia dan tahap siklus hidup keluarga merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Suzuki di wilayah Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing Malang. Saran yang dapat peneliti berikan adalah sebagai berikut (1) Kepribadian dan konsep diri merupakan variabel yang paling lemah dalam mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Suzuki di wilayah Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing Malang. Konsumen perlu untuk lebih memperhatikan tentang tingkat kepercayaan diri mereka dan sejauh mana dapat berdaptasi dengan sesuatu yang baru dengan baik. Dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi dapat membuat konsumen merasa mengambil keputusan yang tepat untuk memilih sepeda motor merek Suzuki.. Dengan kemampuan beradaptasi yang cepat membuat konsumen merasa nyaman menggunakan sepeda motor merek Suzuki. (2) Lingkungan ekonomi dan pekerjaan tidak mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Suzuki di wilayah Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing Malang. Hal ini dapat terjadi karena adanya kemungkinan bahwa mereka menganggap bahwa lingkungan ekonomi dan pekerjaan mereka bukan sebagai faktor yang terlalu dipertimbangkan. Pihak produsen dapat menarik minat konsumen misalnya dengan menawarkan cara pembelian secara kelompok dengan harga yang terjangkau dan menawarkan produk yang sesuai dengan tingkat pendapatan yang dimiliki seseorang supaya orang dengan pendapatan tinggi sekalipun akan membeli sepeda motor merek Suzuki yang sesuai dengan tingkat pendapatan mereka. (3) Kepada peneliti yang ingin mengadakan penelitian sejenis disarankan untuk menambahkan variabel lain yang berhubungan dengan faktor pribadi misalnya mengenai jender dan wilayah penelitian yang berbeda . Faktor pribadi dalam penelitian ini hanya dapat memberikan pengaruh sebesar 39 9% sedangkan 60 1% masih dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30130

Actions (login required)

View Item View Item