Pengaruh nilai tukar, tingkat inflasi, dan suku bunga terhadap arus kas pada PT. Berlina Tbk. / Dian Ester Setyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh nilai tukar, tingkat inflasi, dan suku bunga terhadap arus kas pada PT. Berlina Tbk. / Dian Ester Setyowati

Dian Ester Setyowati (2009) Pengaruh nilai tukar, tingkat inflasi, dan suku bunga terhadap arus kas pada PT. Berlina Tbk. / Dian Ester Setyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bisnis internasional akan mendorong sejumlah perusahaan domestik untuk mengembangkan usahanya baik di dalam negeri ataupun di luar negeri. Hal ini berarti akan ada penggunaan dua mata uang yang berbeda sehingga akan menimbulkan risiko keuangan bagi perusahaan. Salah satu risiko yang dihadapi misalnya perubahan mata uang selain itu terdapat risiko lain yang dihadapi perusahaan dalam mengembangkan usahanya seperti tingkat inflasi nasional suku bunga penjualan ekspor perusahaan dan impor bahan baku. Dengan adanya nilai tukar yang terus berfluktuasi maka akan mempengaruhi jumlah kas yang dibutuhkan untuk melakukan pembayaran. Jika risiko ini tidak segera diantisipasi maka arus kas perusahaan akan mengalami kerugian. Berdasarkan penjelasan ini maka tujuan penelitian adalah untuk meneliti pengaruh nilai tukar tingkat inflasi serta suku bunga terhadap arus kas khususnya arus kas bersih PT. Berlina Tbk. Dalam penelitian ini menggunakan variabel nilai tukar tingkat inflasi serta suku bunga sebagai variabel bebas dan arus kas sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik deskriptif yaitu statistik untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan data yang telah terkumpul. Selain itu juga menggunakan analisis uji klasik dan analisis statistik regresi berganda untuk mencari bentuk pengaruh antar variabel. Sedangkan untuk pengujian hipotesis digunakan uji t untuk mengetahui pengaruh secara parsial variabel bebas mana saja yang mempengaruhi variabel terikat dan uji F untuk mengetahui pengaruh simultan dari seluruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tingkat inflasi dan suku bunga tidak berpengaruh terhadap arus kas bersih. Sedangkan untuk variabel nilai tukar rupiah berpengaruh terhadap arus kas bersih. Sedangkan secara simultan seluruh variabel bebas baik nilai tukar tingkat inflasi serta suku bunga tidak berpengaruh terhadap arus kas bersih sebagai variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar penelitian lebih lanjut untuk meneliti objek penelitian tidak hanya pada satu perusahaan plastik saja serta menggunakan data bulanan data harian ataupun data mingguan untuk variabel yang diteliti. Sedangkan bagi investor maupun bagi perusahaan agar tidak hanya memperhatikan ketiga variabel tersebut tetapi juga memperhatikan variabel-variabel lainnya seperti faktor politik faktor sosial dan faktor budaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30127

Actions (login required)

View Item View Item