Pengaruh budaya organisasi dan motivasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja (studi pada karyawan hotel Pelangi Malang) / Yussy Ardhianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh budaya organisasi dan motivasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja (studi pada karyawan hotel Pelangi Malang) / Yussy Ardhianto

Yussy Ardhianto (2009) Pengaruh budaya organisasi dan motivasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja (studi pada karyawan hotel Pelangi Malang) / Yussy Ardhianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan ekonomi pada era globalisasi saat ini banyak dipengaruhi persaingan bisnis yang semakin ketat. Melihat dan memahami tantangan-tantangan di masa sekarang dan masa yang akan datang perusahaan perlu memperhatikan dan tetap memelihara sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki yaitu karyawan agar dapat terus menjadi aset terpenting bagi perusahaan. Setiap karyawan yang bekerja sangat membutuhkan motivasi dari pimpinannya serta budaya organisasi yang kuat pada perusahaan tempat mereka bekerja karena dengan motivasi dapat memacu semangat kerja mereka dan dengan budaya organisasi yang kuat maka perilaku para karyawan dapat terarah sehingga tujuan perusahaan cepat tercapai. Dengan tercapainya tujuan perusahaan dan terpenuhinya kebutuhan karyawan melalui motivasi tentu saja kepuasan kerja akan mereka dapatkan pula. Apabila ketiga variabel tersebut yaitu budaya organisasi motivasi dan kepuasan kerja telah mereka dapatkan maka mereka akan merasa betah dan senang bekerja pada perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan motivasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja karyawan Hotel Pelangi Malang. Penelitian ini dilaksanakan di Hotel Pelangi Malang pada bulan Juni sampai dengan Juli 2007. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan Hotel Pelangi Malang yang berjumlah 81 orang. Sedangkan sampelnya diambil sebanyak 67 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data yang dipakai adalah analisis jalur (path analysis) yang merupakan suatu bentuk terapan dari analisis regresi berganda (multiple regression analysis). Tujuan dari analisis jalur adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung. Dalam penelitian ini mempunyai variabel bebas yaitu budaya organisasi (X1) dan motivasi (X2) variabel intervening kepuasan kerja (Z) variabel terikat yaitu komitmen organisasi (Y). Instrumen penelitian ini menggunakan item-item dari penelitian terdahulu yang telah teruji sehingga uji coba kuesioner untuk menguji instrumen tidak perlu dilakukan. Sedangkan untuk uji validitas dan reliabilitas tetap dilakukan untuk menguji validitas dan reliabilitas data yang diperoleh. Hasil penelitian ini diketahui bahwa sebagaian responden yaitu 69% menyatakan tinggi terhadap variabel budaya organisasi (X1) 49% menyatakan tinggi terhadap variabel motivasi sedangkan 63% menyatakan puas terhadap variabel kepuasan kerja (Z) dan 73% menyatakan tinggi terhadap variabel komitmen organisasi. Hasil penelitian ini dapat diketahui (1) ada pengaruh langsung yang signifikan antara budaya organisasi terhadap kepuasan kerja dengan 946 sebesar 0 409 dan Sig 0 000 (2) ada pengaruh langsung yang signifikan antara motivasi terhadap kepuasan kerja dengan 946 sebesar 0 435 dan Sig 0 000 (3) ada pengaruh langsung yang signifikan antara kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi dengan 946 sebesar 0 277 dan Sig 0 009 (4) ada pengaruh langsung yang signifikan antara budaya organisasi terhadap komitmen organisasi dengan 946 sebesar 0 204 dan Sig 0 031 (5) ada pengaruh langsung yang signifikan antara motivasi terhadap komitmen organisasi dengan 946 sebesar 0 481 dan Sig 0 000. Untuk hasil pengaruh tidak langsungnya yaitu (6) pengaruh tidak langsung budaya organisasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja sebesar 0 113 dan koefisien determinasi total yang diperoleh sebesar 0 317 (7) pengaruh tidak langsung motivasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja sebesar 0 120 dan koefisien determinasi total yang diperoleh sebesar 0 601. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar pihak Hotel Pelangi Malang lebih meningkatkan mutu atau kualitas pelayanan kepada tamu hotel dengan memahami dan mengamalkan falsafah Hotel Pelangi karena makna yang terkandung didalam falsafah itu sangat besar sekali dan sangat bermanfaat untuk kepuasan tamu yang menggunakan jasa Hotel Pelangi Malang. Agar terjalin hubungan yang harmonis dan semangat kebersaman diantara karyawan dan pimpinan hotel sebaiknya secara berkala diadakan kegiatan yang dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan seperti rekreasi atau outbond. Selain itu Pimpinan Hotel Pelangi Malang sebaiknya selalu berupaya meningkatkan motivasi kerja serta kepuasan kerja karyawannya dengan cara lebih memperhatikan kesejahteraan mereka baik gaji bonus maupun kesempatan promosi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30118

Actions (login required)

View Item View Item