Pengaruh kualitas pelayanan pramuwisata terhadap loyalitas wisatawan pasca berkunjung di Kusuma Agrowisata Batu / Retno Wisudawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas pelayanan pramuwisata terhadap loyalitas wisatawan pasca berkunjung di Kusuma Agrowisata Batu / Retno Wisudawati

Retno Wisudawati (2010) Pengaruh kualitas pelayanan pramuwisata terhadap loyalitas wisatawan pasca berkunjung di Kusuma Agrowisata Batu / Retno Wisudawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Wisudawati Retno . 2007. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pramuwisata terhadap Loyalitas Wisatawan Pasca Berkunjung di Kusuma Agrowisata Batu. Skripsi Program Studi Manajemen Pemasaran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Hermawan M. Si M.Bus (II) Afwan Hariri Agus Prohimi. SE M.Si Kata Kunci Kualitas Pelayanan Pramuwisata Loyalitas Wisatawan Industri Pariwisata untuk masa sekarang dimana kondisi perekonomian yang belum stabil dapat dipandang sebagai salah satu komoditi pengganti disamping komoditi ekpor non migas lainnya karena pariwisata dianggap mempunyai potensi besar di masa yang akan datang. Dalam usaha peningkatan kualitas di sektor pariwisata ini diperlukan adanya peningkatan mutu pelayanan. Jika bicara mengenai pariwisata maka hal ini terkait dengan pramuwisata sebagai wakil dari perusahaan yang dapat berpengaruh terhadap usaha pemasaran wisata. Kusuma Agrowisata adalah salah satu dari sekian banyak obyek wisata.Kualitas pelayanan pramuwisata yang terdiri dari tiga komponen utama yaitu sikap dan kepribadian tingkah laku dan kemampuan pramuwisata merupakan komponen yang harus dimiliki oleh setiap pramuwisata dalam memberikan pelayanan agar dapat bertindak sebagai duta dan sebagai petugas after sales service . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pramuwisata (X) baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas wisatawan pasca berkunjung di Kusuma Agrowisata Batu (Y) serta untuk mengetahui komponen dari kualitas pelayanan pramuwisata yang dominan mempengaruhi loyalitas wisatawan pasca berkunjung di Kusuma Agrowisata Batu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara yang berkunjung di Kusuma Agrowisata Batu. Penentuan sampel menggunakan rumus Danniel Terrel infinited dengan 61537 5 % sehingga didapat jumlah sampel sebesar 73 orang. Teknik sampling adalah dengan menggunakan accidental sampling. Kuisioner dalam penelitian ini tergolong kuisioner tertutup dengan skala likert 4 tingkat. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh antara sikap dan kepribadian (x1) tingkah laku (x2) dan kemampuan pramuwisata (x3) terhadap loyalitas wisatawan pasca berkunjung di Kusuma Agrowisata Batu dengan nilai 61538 1 0 077 dan nilai signifikansi t1 0 042 nilai 61538 2 0 070 dan nilai signifikansi t2 0 029 nilai 61538 3 0 525 dan nilai signifikansi t3 0 000. (2) terdapat pengaruh antara sikap dan kepribadian tingkah laku dan kemampuan pramuwisata secara simultan terhadap loyalitas wisatawan pasca berkunjung di Kusuma Agrowisata Batu dengan nilai F hitung sebesar 21 083 dan tingkat signifikansi sebesar 0 000.(3) sub variabel dari kualitas pelayanan pramuwisata yang dominan berpengaruh terhadap loyalitas wisatawan pasca berkunjung di Kusuma Agrowisata Batu adalah kemampuan pramuwisata dengan nilai t hitung 4 296 dengan tingkat signifikansi 0 000 Saran dalam penelitian ini adalah (1) Diadakan peningkatan kualitas pelayanan secara keseluruhan yang terkait dengan kualitas pelayanan pramuwisata dengan mengadakan pelatihan dan pembinaan bagi pramuwisata secara intensif sebelum melaksanakan tugas.(2) Peningkatan kemampuan verbal pramuwisata sehingga komunikasi 2 arah antara pramuwisata dan wisatawan berjalan dengan baik dan lebih komunikatif. (3) peningkatan kemampuan pramuwisata dalam hal penguasaan materi mengenai pengetahuan di bidang pertanian dan perkebunan serta budidaya tanaman perlu lebih ditingkatkan. (4) pramuwisata harus lebih aktif dan kreatif dalam memberikan penjelasan.(5) peningkatan pembinaan bagi trainee masih sangat diperlukan agar trainee memiliki wawasan yang sama dengan pramuwisata lain

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30117

Actions (login required)

View Item View Item