Pengaruh lingkungan toko terhadap kepuasan konsumen dalam berbelanja di swalayan Alfamart Palang Psurusan / Dian Feriansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan toko terhadap kepuasan konsumen dalam berbelanja di swalayan Alfamart Palang Psurusan / Dian Feriansyah

Dian Feriansyah (2009) Pengaruh lingkungan toko terhadap kepuasan konsumen dalam berbelanja di swalayan Alfamart Palang Psurusan / Dian Feriansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pesatnya pertumbuhan pusat-pusat perbelanjaan baru mendorong pula jumlah toko berkonsep swalayan di kota pasuruan. Dalam situasi persaingan yang seperti sekarang ini pihak swalayan perlu untuk berlomba-lomba memberikan kepuasan pada konsumen. Sehingga diharapkan perusahaan akan mampu bertahan bahkan memenangkan persaingan dalam dunia usaha. Dalam usahanya untuk menciptakan kenyamanan dalam berbelanja Swalayan Alfamart Palang Pasuruan melakukan pemilihan lokasi toko tata letak toko dan atmosfer toko yang tepat untuk membuat konsumen merasa puas dalam berbelanja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan toko yang meliputi lokasi toko tata letak toko dan atmosfer toko terhadap kepuasan konsumen dalam berbelanja di Swalayan Alfamart Palang Pasuruan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Swalayan Alfamart Palang Pasuruan. Sampel dari penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 100 orang. Data diperoleh melalui responden dengan menggunakan alat pengumpul data berupa kuesioner tertutup dan diukur dengan menggunakan skala likert. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Lokasi toko mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam berbelanja di Swalayan Alfamart Palang Pasuruan dengan nilai 946 0 524 (2) Tata letak toko mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam berbelanja di Swalayan Alfamart Palang Pasuruan dengan nilai 946 0 307 (3) Atmosfer toko mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam berbelanja di Swalayan Alfamart Palang Pasuruan dengan nilai 946 0 354 (4) Secara simultan variabel lingkungan toko yang terdiri dari lokasi toko tata letak toko dan atmosfer toko memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam berbelanja di Swalayan Alfamart Palang Pasuruan dengan nilai F 96 169 dan nilai Adjusted R Square sebesar 0 743. Dari ketiga variabel tersebut lokasi toko merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam berbelanja di Swalayan Alfamart Palang Pasuruan. Saran yang bisa dikemukakan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama penelitian adalah (1) Hendaknya pihak toko memperhatikan pintu masuk toko yang terkadang masih menyulitkan konsumen untuk masuk/keluar toko. Selain itu perlu dilakukan pembenahan dalam hal penataan barang dagangan yang masih membuat konsumen kurang nyaman dalam mencari barang yang mereka butuhkan dan desain bagian dalam toko yang masih membuat lalu lintas konsumen di dalam toko tidak lancar sehingga akan mempengaruhi kepuasan pembeli. (2) Ketinggian langit-langit toko perlu diperhatikan pihak toko karena terlalu pendek sehingga menciptakan kesan yang kurang luas dan penambahan warna yang hangat juga perlu dilakukan seperti warna kuning agar bisa menarik perhatian konsumen dan memberikan kepuasan dalam berbelanja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30113

Actions (login required)

View Item View Item