Pengaruh kepuasan kerja terhadap semangat kerja karyawan (studi pada karyawan hotel Pelangi Malang) / Istifarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kepuasan kerja terhadap semangat kerja karyawan (studi pada karyawan hotel Pelangi Malang) / Istifarini

Istifarini (2010) Pengaruh kepuasan kerja terhadap semangat kerja karyawan (studi pada karyawan hotel Pelangi Malang) / Istifarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Istifarini 2007. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Semangat Kerja Karyawan (Studi pada karyawan Hotel Pelangi Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi SI Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Aref M.Si Pembimbing (II) Drs. I Nyoman Saputra M.Si. Kata Kunci Kepuasan Kerja Semangat Kerja Karyawan Sumber daya manusia adalah asset organisasi yang paling penting sehingga membuat sumber daya organisasi lainnya bekerja. Oleh karena itu factor tenaga kerja harus diolah sedemikian rupa sehingga terjadi keseimbangan bagi seluruh karyawan perusahaan. Dalam hal ini salah satunya adalah kepuasan kerja karyawan. Sebuah perusahaan hendaknya memperhatikan kepuasan kerja terhadap karyawannya apabila suatu perusahaan tenaga kerjanya yang kurang terpuaskan dengan pekerjaanya maka semangat kerjanya cenderung menurun. Dengan demikian jelas bahwa kepuasan kerja sangat mempengaruhi semangat kerja karyawan. Tinggi rendahnya kepuasan yang dirasakan seseorang karyawan semakin memacu semangat kerja seseorang karyawan untuk memperoleh hasil kerja yang lebih baik. Penelitian dilakukan diHotel Pelangi Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kepuasan terhadap gaji kepuasan terhadap rekan kerja kepuasan terhadap pimpinan dan kepuasan terhadap pekerjaan itu sendiri dan semangat kerja karyawan pengaruh kepuasan terhadap semangat kerja karyawan pada Hotel Pelangi Malang secara parsial amupun simultan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif korelasional. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan Hotel Pelangi Malang yang berjumlah 81 karyawan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif untuk mendeskripsikan kondisi kepuasan kerja yaitu kepuasan terhadap gaji (X1) kepuasan terhadap rekan kerja (X2) kepuasan terhadap pimpinan (X3)dan kepuasan terhadap pekerjaan itu sendiri (X4) dan semangat kerja karyawan (Y). Teknik analisis regresi digunakan untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap gaji (X1) kepuasan terhadap rekan kerja (X2) kepuasan terhadap pimpinan (X3)dan kepuasan terhadap pekerjaan itu sendiri (X4) terhadap semangat kerja karyawan (Y). Dari ahsil penelitian ini diketahui bahwa sebagian besar responden yaitu 45 7% (37 responden) menyatakan puas terhadap kepuasan terhadap gaji 49 38% (40 responden) menyatakan cukup terhadap kepuasan terhadap rekan kerja 35 80% (29 responden) menyatakan puas terhadap kepuasan terhadap pimpinan dan 32 09% (26 responden) menyatakan puas terhadap kepuasan terhadap pekerjaan itu sendiri dan 57 790% (46 responden) menyatakan sangat setuju terhadap kondisi semangat kerja karyawan. Secara parsial variabel kepuasan terhadap gaji (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semangat kerja karyawan (Y) karena terbukti memiliki nilai sig t 0 015 0 05 dan nilai t hitung 2 486 kondisi kepuasan rekan kerja (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semangat kerja karyawan (Y) karena terbukti nilai sig t 0 0015 dan nilai t hitung 2 491 kondisi kepuasan terhadap pimpinan (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semangat kerja karyawan (Y) karena terbukti nilai sig t 0 004 dan nilai t hitung 2 969 dan kondisi kepuasan terhadap pekerjaan itu sendiri (X4) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semangat kerja karyawan (Y) karena terbukti nilai sig t 0 005 dan nilai t hitung 2 864. Dari hasil uji parsial diketahui bahwa variabel yang mempunayi pengaruh yang paling dominan terhadap semangat kerja karyawan Hotel Pelangi Malang adalah variabel kepuasan terhadap pekerjaan itu sendiri karena dengan peluang kesalahan 5% terlihat bahwa nilai sig t jauh dibawah 0 05 yaitu sig t 0 005. Sumbangan efektif (SE) kepuasan terhadap pekerjaan itu sendiri terhadap semangat kerja karyawan adalah sebesar 11 292%. Secara simultan variabel kondisi kepuasan terhadap gaji kepuasan terhadap rekan kerja kepuasan terhadap pimpinan dan kepuasan terhadap pekerjaan itu sendiri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semangat kerja karyawan pada Hotel Pelangi Malang karena terbukti nilai sig F 0 000 dan nilai F hitung 10 865. Semangat kerja karyawan dipengaruhi oleh kondisi kepuasan terhadap gaji kepuasan terhadap rekan kerja kepuasan terhadap pimpinan dan kepuasan terhadap pekerjaan itu sendiri sebesar 36 4% dan sisanya 63 6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dari hasil perhitungan secara parsial maupun secara simultan diketahui bahwa kepuasan terhadap gaji kepuasan terhadap rekan kerja kepuasan terhadap pimpinan dan kepuasan terhadap pekerjaan itu sendiri mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap semangat kerja karyawan maka saran yang dapat peneliti sampaikan dari penelitian ini adalah pihak manajemen perusahaan hendaknya selalu memperhatikan karyawannya dalam bekerja pihak Hotel Pelangi Malang agar tetap mempertahankan atau lebih meningkatkan kepuasan kerja karyawan demi untuk meningkatkan semangat kerjanya yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30107

Actions (login required)

View Item View Item