Ghufron, Agus Qomaruddin (2012) Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa kelas IV SD di SDN Bancer I Ngraho Kabupaten Bojonegoro / Agus Qomaruddin Ghufron. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Bahasa inggris Bahasa inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat membutuhkan kemampuan guru dalam mengelola kelas terutama kemampuan guru dalam memanfaatkan media yang bisa menciptakan suasana aman dan menyenangkan sehingga dapat menarik minat dan mengaktifkan siswa untuk mengikuti pelajaran baik secara mandiri ataupun kelompok. Cara untuk menciptakan suasana aman dan menyenangkan dalam pembelajaran adalah dengan bermain. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat menarik minat dan mengaktifkan semua siswa. Media pembelajaran yang dimaksud adalah media permainan ular tangga dalam pembelajaran bahasa inggris untuk siswa kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan ular tangga di kelas IV SD yang sesuai dengan karakteristik siswa berdasarkan tahap-tahap perkembangan anak. Pada akhirnya media permainan ular tangga ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran Bahasa inggris. Untuk mengembangkan suatu media pembelajaran diperlukan persiapan dan perencanaan yang teliti. Pengembangan media permainan ular tangga dalam pembelajaran bahasa inggris untuk siswa kelas IV SD dapat diuraikan sesuai dengan tahapan sebagai berikut berupa seperangkat permainan ular tangga yang terdiri dari (1) papan permaianan (2) petunjuk pemanfaatan (3) peraturan permainan (4) dadu (5) pion (6) kartu bergambar dan (7) contoh soal evaluasi siswa. Hasil akhir dari kegiatan pengembangan ini adalah pengembangan media permainan ular tangga dalam pembelajaran bahasa inggris untuk siswa kelas IV SD yaitu berupa seperangkat permainan ular tangga yang terdiri dari (1) papan permainan (2) petunjuk pemanfaatan (3) peraturan permainan (2) dadu (4) pion (4) kartu bergambar dan (2) contoh soal evaluasi siswa. Secara teknis pengembangan media permainan ular tangga ini tidak sama dalam hal penerapannya dalam penyampaian materi pengajaran yang akan diberikan kepada siswa. Pengembangan permainan ular tangga ini menyangkut perangkat aturan-aturan dan variasi gambar yang dirancang sedemikian rupa dan menggambarkan secara ringkas materi yang akan dipelajari dalam kelas IV SD. Hasil uji coba pengembangan Media permainan ular tangga pada ahli media sebesar 83% keterangan valid. Data Hasil uji coba pengembangan media permainan ular tangga pada ahli materi sebesar 88% keterangan valid. Sedangkan data hasil uji coba pengembangan media permainan ular tangga pada audiens atau responden sebesar 86% data hasil uji coba audiens kelompok kecil sebesar 78 34% dan data hasil uji coba audiens kelompok besar sebesar 76 75 %. Secara keseluruhan berdasarkan kriteria kelayakan produk dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tersebut masuk dalam katerangan valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran bahasa inggris untuk siswa kelas IV SD. Namun media ini masih mempunyai beberapa kekurangan sehingga dapat dilakukan revisi berdasarkan masukan-masukan dari audiens dengan tujuan agar diperoleh hasil yang lebih baik. Berdasarkan kelemahan dan kelebihan yang dimiliki produk pengembangan media permainan ular tangga dalam pembelajaran bahasa inggris untuk siswa kelas IV SD ini disarankan perlu dilakukan uji coba yang lebih besar dan waktu pembelajaran selama satu semester untuk mendapatkan tingkat keefektifan dan efisiensi yang lebih baik memperbesar gambar-gambar yang ada di kotak-kotak media ular tangga agar siswa lebih tertarik untuk memainkan. Dan untuk memperjelas dan mempermudah penggunaannya selanjutnya sebaiknya diperjelas lagi dalam bentuk pengembangan dengan ketrampilan bahasa yang lain untuk siswa SD.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/301 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |