Pengaruh pengalaman asistensi mengajar dan kemampuan berkomunikasi (public speaking) terhadap minat menjadi guru mahasiswa pendidikan teknik mesin / Rindi Setia Budi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengalaman asistensi mengajar dan kemampuan berkomunikasi (public speaking) terhadap minat menjadi guru mahasiswa pendidikan teknik mesin / Rindi Setia Budi

Budi, Rindi Setia Budi (2023) Pengaruh pengalaman asistensi mengajar dan kemampuan berkomunikasi (public speaking) terhadap minat menjadi guru mahasiswa pendidikan teknik mesin / Rindi Setia Budi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahasiswa yang memiliki minat tinggi pasti akan sungguh-sungguh dalam menjalankannya. Dalam hal ini mahasiswa yang memiliki kemauan dan keinginan untuk menjadi guru minat tersebut akan berkembang dan seseorang dapat menempatkan perhatian khusus untuk menekuni profesi guru. Asistensi Mengajar menjadi mata kuliah wajib untuk jurusan kependidikan sebagai wadah untuk memfasilitasi mahasiswa agar memiliki pengalaman mengajar secara langsung di sekolah. Adanya pengalaman mengajar maka mahasiswa akan merasa semakin siap untuk berkarir menjadi guru. Mengingat guru merupakan profesi yang selalu berkomunikasi dengan muridnya maka komunikasi yang harus dipraktikkan adalah public speaking. Profesi guru membutuhkan kemampuan berkomunikasi dimana kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu kompetensi wajib bagi guru untuk melakukan proses pembelajaran dengan baik. Seseorang yang sadar memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni secara tidak langsung juga memiliki minat untuk menjadi guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh antara pengalaman asistensi mengajar dan kemampuan berkomunikasi (public speaking) terhadap minat menjadi guru Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Univeristas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model regresi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode kuesioner atau angket. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin yang telah melakukan asistensi mengajar berjumlah 76 mahasiswa dan diambil sampel berjumlah 64 mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh terdapat pengaruh yang signifikan antara pengalaman asistensi mengajar dan kemampuan berkomunikasi (public speaking) terhadap minat menjadi guru Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Univeristas Negeri Malang dengan nilai signifikansi 0.000. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengalaman AM terhadap minat menjadi guru dengan nilai signifikansi 0 000. Terdapat pengaruh yang signifikan antara public speaking terhadap minat menjadi guru dengan nilai signifikansi 0 016.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:29
Last Modified: 24 Sep 2024 01:29
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300955

Actions (login required)

View Item View Item