Pengaruh kecerdasan visual spasial terhadap critical thinking skills dan technical skills siswa pada mata pelajaran gambar teknik manufaktur di smk / Iman Burhan Rusli - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan visual spasial terhadap critical thinking skills dan technical skills siswa pada mata pelajaran gambar teknik manufaktur di smk / Iman Burhan Rusli

Rusli, Iman Burhan (2023) Pengaruh kecerdasan visual spasial terhadap critical thinking skills dan technical skills siswa pada mata pelajaran gambar teknik manufaktur di smk / Iman Burhan Rusli. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecerdasan visual spasial adalah kapasitas atau kemampuan seseorang dalam mengenali dan memahami suatu objek kemudian melakukan penggambaran objek tersebut melalui tahap transformasi dan modifikasi persepsi awal seseorang dalam bentuk 2D dan 3D serta bentuk geometri lainnya. Kecerdasan visual spasial memiliki pengaruh yang tinggi dalam mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur. Rendahnya kecerdasan visual spasial siswa diakibatkan oleh faktor intrinsik diantaranya adalah kesulitan dalam memecahkan masalah yang mereka hadapi ketika menemui masalah cenderung mengeluh dan putus asa tidak mau bertanya atau berusaha bahkan menyerah begitu saja. Hal tersebut juga merupakan indikasi bahwa critical thinking skills siswa yang terindikasi rendah. Sementara itu kecerdasan visual spasial juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi technical skills (kemampuan teknis). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan visual spasial terhadap critical thinking skills dan pengaruh kecerdasan visual spasial terhadap technical skills siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur kelas XI Program Keahlian Pemesinan di SMK Brantas Karangkates. Penelitian ini adalah jenis penelitian expost facto dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI program keahlian pemesinan SMK Brantas Karangkates yang berjumlah 126 sementara sampel yang diambil berjumlah 54 siswa dari kelas XI TPM 1 dan kelas XI TPM 2. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes tulis angket dan dokumentasi nilai praktikum. Data yang diperoleh diuji menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data kecerdasan visual spasial berpengaruh positif dan signifikan terhadap critical thinking skills siswa dengan kontribusi sebesar 11 6% pada mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur kelas XI Program Keahlian Pemesinan. Hal tersebut disebabkan pengaruh kecerdasan visual spasial rendah terhadap critical thinking skills yaitu disebabkan karena critical thinking skills hanya melibatkan sedikit aspek yang ada dalam kecerdasan visual spasial. Selain itu ciritcal thinking skills dipengaruhi oleh faktor lingkungan faktor pengalaman faktor motivasi belajar faktor perkembangan intelektual dan faktor interaksi pengajar dengan siswa. Sedangkan kecerdasan visual spasial berpengaruh positif dan signifikan terhadap technical skills siswa dengan kontribusi 63 9% pada mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur kelas XI Program Keahlian Pemesinan. Hal tersebut karena keterkaitan erat antara pemahaman visual gambar dengan keterampilan praktik. Selain itu technical skills juga dipengaruhi oleh faktor pribadi faktor proses belajar dan faktor situasional. Dengan demikian kecerdasan visual spasial dapat digunakan sebagai salah satu penentu critical thinking skills dan technical skills siswa kelas XI Program Keahlian Pemesinan pada mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:29
Last Modified: 05 Dec 2023 07:37
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300948

Actions (login required)

View Item View Item