Hubungan kompetensi keahlian teknik pemesinan dan keterampilan pada praktik kerja industri dengan produk teaching factory dari siswa smkn 1 sidoarjo / Anggun Budi Cahyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kompetensi keahlian teknik pemesinan dan keterampilan pada praktik kerja industri dengan produk teaching factory dari siswa smkn 1 sidoarjo / Anggun Budi Cahyaningrum

Cahyaningrum, Anggun Budi Cahyaningrum (2023) Hubungan kompetensi keahlian teknik pemesinan dan keterampilan pada praktik kerja industri dengan produk teaching factory dari siswa smkn 1 sidoarjo / Anggun Budi Cahyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ketidaksesuaian antara kurikulum pembelajaran teknik pemesinan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan standar kompetensi kerja di industri diketahui menghambat perkembangan peserta didik. Permasalahan yang muncul yaitu kesulitan dalam penggunaan alat ukur dan interpretasi gambar teknik yang dapat berdampak pada kualitas produk yang dihasilkan. Selain itu peserta didik menghadapi kendala dalam menerapkan pengetahuan teoritis ke dalam praktik karena keterbatasan pengalaman industri sebenarnya. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang terampil dalam menerapkan konsep yang dipelajari di lingkungan industri. Sehubungan dengan hal tersebut penelitian ini berperan sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri serta meningkatkan keterampilan peserta didik dalam teaching factory. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan kompetensi keahlian teknik pemesinan keterampilan prakerin dan produk teaching factory serta faktor-faktor yang mempengaruhi. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII Teknik Pemesinan di SMKN 1 Sidoarjo berjumlah 62 siswa dengan keseluruhan siswanya telah mengikuti kegiatan prakerin dan menuntaskan praktik gambar teknik manufaktur pemesinan bubut pemesinan frais serta pemesinan CNC. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi keahlian teknik pemesinan tidak memiliki hubungan dengan produk teaching factory. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran ketersediaan sumber belajar yang terbatas kegiatan pembelajaran yang monoton dan kurangnya inisiatif peserta didik untuk berlatih secara mandiri. Kemudian keterampilan prakerin memiliki hubungan dengan produk teaching factory. Hal ini didukung dengan adanya kerjasama industri mitra dan sekolah serta kurikulum pembelajaran praktik yang telah disesuaikan dengan kebutuhan industri. Selanjutnya kompetensi keahlian teknik pemesinan dan keterampilan prakerin memiliki hubungan yang signifikan dengan produk teaching factory. Hal ini dikarenakan kompetensi keahlian yang diperoleh melalui pendidikan formal dan keterampilan yang diperoleh melalui prakerin saling mendukung dalam menciptakan produk yang sesuai dengan standar industri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 24 Sep 2024 02:23
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300947

Actions (login required)

View Item View Item