Pengembangan e-modul mesin mekanik industri berbasis project based learning untuk menunjang pembelajaran siswa kelas xi jurusan teknik mekanik industri di smkn 1 singosari / Mohamad Firnanda Herlia Akbar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul mesin mekanik industri berbasis project based learning untuk menunjang pembelajaran siswa kelas xi jurusan teknik mekanik industri di smkn 1 singosari / Mohamad Firnanda Herlia Akbar

Akbar, Mohamad Firnanda Herlia Akbar (2023) Pengembangan e-modul mesin mekanik industri berbasis project based learning untuk menunjang pembelajaran siswa kelas xi jurusan teknik mekanik industri di smkn 1 singosari / Mohamad Firnanda Herlia Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Akbar Mohamad Firnanda Herlia 2023. Pengembangan e-modul mesin mekanik industri berbasis project based learning untuk menunjang pembelajaran siswa kelas xi jurusan teknik mekanik industri di smkn 1 singosari. Skripsi Departemen Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Marsono S.Pd.T. M.Pd. Ph.D (2) Agus Suyetno S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Modul Mesin Mekanik Pengembangan Pada awal tahun 2022 Kemendikbudristek meresmikan kurikulum baru yang disebut dengan kurikulum merdeka. Kemendikbudristek menerbitkan kurikulum merdeka ini sebagai upaya pemulihan pembelajaran setelah pandemi Covid-19 melanda dan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Kurikulum merdeka ini memberikan kebebasan kepada guru dalam menciptakan kegiatan belajar yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan serta lingkungan belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi di SMKN 1 Singosari ditemukan bahwa tidak ada modul yang digunakan oleh guru saat mengajar mata pelajaran Mesin Mekanik Industri hal ini menyebabkan pembelajaran masih berjalan secara konvensional dan kurangnya panduan guru dan sumber belajar siswa dalam pembelajaran yang sesuai dengan panduan kurikulum merdeka. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran berupa modul pembelajaran guna menunjang proses pembelajaran di mapel teknik mesin mekanik industri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R amp D). Metode penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu dan menguji kelayakannya. Dalam penelitian ini dipilih model 4D dikarenakan metode ini melibatkan tahapan uji kelayakan produk yang terdiri dari Penelitian dan Pengumpulan Informasi Perencanaan Pengembangan Produk Awal Uji Coba Tahap Awal Revisi Produk Awal Uji Coba Utama Revisi Produk Akhir Desiminasi. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu para ahli dan calon pengguna yang mana para hali terdiri dari 2 ahli media dan 2 ahli materi dan calon pengguna yaitu 60 siswa kelas 11 serta 1 guru mata pelajaran Teknik Mekanik Industri. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran berupa Modul Mesin Mekanik Industri yang telah melalui proses uji kelayakan oleh para ahli dan proses uji coba. Hasil persentase dari ahli media yaitu 84 17% ahli materi 97 50% uji tahap awal 75 71% dan uji coba utama 90 72%. Dari persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan memiliki predikat sangat layak sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300921

Actions (login required)

View Item View Item