Pengaruh iklan di televisi terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen produk Pond's mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Weny Nofitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh iklan di televisi terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen produk Pond's mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Weny Nofitasari

Weny Nofitasari (2009) Pengaruh iklan di televisi terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen produk Pond's mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Weny Nofitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada zaman sekarang ini persaingan dalam dunia perdagangan semakin ketat dikarenakan oleh banyaknya produk-produk barang dan jasa yang ditawarkan dipasaran oleh karena itu banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk memasarkan produk barang atau jasa. Untuk memasarkan produknya maka perusahaan membutuhkan promosi. Dengan promosi akan menarik minat konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan sehingga perusahaan dapat memperoleh laba yang diharapkan. Salah satu bentuk promosi yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan periklanan. Televisi merupakan media periklanan yang sangat tepat dilakukan saat ini untuk mempromosikan berbagai produk atau jasa kepada sasaran-sasaran konsumen yang dituju. Akhir-akhir ini sering kita jumpai produk pemutih yang beredar di pasaran. Hal ini dikarenakan keinginan konsumen khususnya wanita untuk tampil lebih putih bersih dan bersinar padahal tidak semua produk pemutih itu aman bagi kulit. Pond s merupakan salah satu produk pemutih yang sangat aman bagi kulit karena telah teruji dan terdaftar pada departemen kesehatan. Selain itu harganya terjangkau sehingga banyak konsumen yang tertarik untuk membelinya. Karena perusahaan Unilever ingin memperluas jangkauan dan memperbesar sasaran konsumen maka diperlukan televisi untuk media periklananya. Dengan adanya periklanan produk Pond s melalui televisi diharapkan dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk Pond s sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif korelasianal penelitian ini berusaha untuk menjelaskan pengaruh iklan di televisi terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FE UM. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik perhitungan rumus Slovin dan diperoleh sampel penetian sebanyak 97 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik proporsi sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu yang telah ditetapkan peneliti seperti mahasiswa FE UM. Untuk mewujudkan tujuan dari penelitian ini peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif untuk mengetahui Iklan di Televisi yang terdiri dari Isi Pesan (X1) Struktur Pesan (X2) Format Pesan (X3) dan Sumber Pesan (X4). Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah keputusan pembelian. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Ada pengaruh yang signifikan antara isi pesan terhadap keputusan pembelian produk Pond s mahasiswa FE UM terbukti dengan hasil analisis yang menunjukkan thitung sebesar 2 428 dan tingkat signifikansi t 0 017 (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara struktur pesan terhadap keputusan pembelian produk Pond s mahasiswa FE UM terbukti dengan hasil analisis yang menunjukkan thitung sebesar 0 845 dan tingkat signifikansi t 0 400 (3) Ada pengaruh yang signifikan antara format pesan terhadap keputusan pembelian produk Pond s mahasiswa FE UM terbukti dengan adanya hasil analisis yang menunjukkan thitung sebesar 2 253 dan tingkat signifikansi t 0 027 (4)Ada pengaruh negatif dan berbanding terbalik y antara sumber pesan terhadap keputusan pembelian produk Pond s mahasiswa FE UM terbukti dengan hasil analisis yang menunjukkan thitung sebesar -2 586 dan tingkat signifikansi t 0 011. Ini berarti jika sumber pesan adalah tokoh/model lain yang lebih cantik maka keputusan pembelian akan menjadi turun begitu pula sebaliknya (5) Ada pengaruh yang signifikan antara isi pesan struktur pesan format pesan dan sumber pesan secara simultan terhadap keputusan pembelian produk Pond s mahasiswa FE UM. Diketahui pula bahwa 15 4% keputusan pembelian produk Pond s mahasiswa FE UM dipengaruhi oleh iklan di televisi dan sisanya sebesar 84 6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini yaitu faktor harga cara penggunaan hasil pada wajah masa perawatan kemasan dan lingkungan (6) Isi pesan adalah variabel dari iklan di televisi yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk Pond s mahasiswa FE UM terbukti dengan adanya nilai SE paling besar yaitu 7 88%. Saran yang bisa dikemukakan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama penelitian adalah (1) Hendaknya perusahaan Unilever lebih kreatif dalam membuat struktur pesan yang memaparkan keunggulan produk pada iklan Pond s (2) Hendaknya perusahaan Unilever dalam menampilkan iklan Pond s harus berhati-hati dalam memilih sumber pesan penampilan sumber pesan dan popularitas sumber pesan harus berhati-hati sesuai produk yang diiklankan (3) Perusahaan Unilever lebih memperhatikan jam penayangan iklan Pond s di media televisi dalam hal ini penayangan difokuskan pada acara favorit seperti musuk dan sinetron yang disukai oleh masyarakat karena kebanyakan pemirsa telev isi aktof menonton televisi (4) konsumen agar lebih selektif dalam memilih produk Pond s yang sesuai serta cocok dengan kulitnya karena pada dasarnya konsumen ingin memenuhi kebutuhan dengan mencari manfaat dari suatu produk (5) Bagi mahasiswa FE UM yang ingin melakukan penelitian yang sama dengan penelitian penulis disarankan untuk mencari variabel bebas yang lain diluar penelitian ini seperti faktor harga cara penggunaan hasil pada wajah masa perawatan kemasan dan lingkungan karena variabel bebas pada penelitian ini pengaruhnya sangat sedikit sekali terhadap keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30084

Actions (login required)

View Item View Item