Pengaruh persepsi konsumen pada media iklan terhadap keputusan pembelian Suzuki Shogun (studi pada mahasiswa Universitas Negeri Malang) / Agus May Nongki - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi konsumen pada media iklan terhadap keputusan pembelian Suzuki Shogun (studi pada mahasiswa Universitas Negeri Malang) / Agus May Nongki

Agus May Nongki (2009) Pengaruh persepsi konsumen pada media iklan terhadap keputusan pembelian Suzuki Shogun (studi pada mahasiswa Universitas Negeri Malang) / Agus May Nongki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persaingan yang ketat dalam dunia usaha sekarang ini membuat pengusaha harus lebih teliti dan jeli dalam mengamati dan menganalisa keadaan pasar yang terkadang berubah apabila salah dalam menerapkan strategi marketing mix-nya maka akan mengalami kekalahan dalam bersaing. Salah satu cara strategi marketing mix dan cara untuk memenangkan persaingan adalah dengan promosi melalui berbagai media iklan seperti iklan media cetak iklan media elektronik iklan media luar ruang dan iklan media lini bawah. Dengan adanya iklan diberbagai media maka pelanggan akan mengetahui dan menggunakan produk sehingga menjadi pelanggan yang setia pada produk perusahaan tersebut. Kunci keberhasilan suatu perusahaan agar selalu disukai oleh para pelanggan adalah bisa memahami kebutuhan keinginan dan harapan para pelanggan oleh karena itu perusahaan harus mampu memahami perilaku para pelanggannya karena para pelanggan adalah salah satu alasan keberadaan suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen pada media iklan terhadap keputusan pembelian yang dilakukan Suzuki khususnya produk Suzuki Shogun sehingga bisa mensukseskan kegiatan pemasaran dan meningkatkan penjualan produk tersebut. Variabel yang diangkat dalam penelitian ini meliputi media iklan sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Media iklan Suzuki Shogun sebagai variabel bebas mempunyai sub variabel yaitu iklan media cetak iklan media elektronik iklan media luar ruang dan iklan media lini bawah. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Malang dengan responden pengguna produk Suzuki Shogun sebagai populasinya. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian deskriptif dan korelasi. Analisis data penelitian yang dipakai adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda dengan menggunakan uji t dan uji f dalam menguji hipotesisnya. Peneliti menggunakan tehnik pengambilan sampel secara random acak untuk menentukan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dengan hasil 100 responden. Istrumen atau alat pengumpul data yang digunakan berupa kuesioner atau angket tertutup. Hasil yang didapat dari penelitian ini merupakan hasil pengamatan yang dilakukan penulis selama penelitian di Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian melalui proses pengolahan data mengenai pengaruh media iklan terhadap keputusan pembelian secara parsial diperoleh (1) iklan media cetak dengan nilai 946 1 0 303 nilai thitung 3 379 dan nilai sig t 0 001. (2) iklan media elektronik dengan nilai 946 2 0 245 nilai thitung 2 747 dan nilai sig t 0 007. (3) iklan media luar ruang dengan nilai 946 3 0 256 nilai thitung 2 833 dan nilai sig t 0 006. (4) iklan media lini bawah dengan nilai 946 4 0 216 nilai thitung 2 448 dan nilai sig t 0 016 maka secara parsial variabel iklan media cetak iklan media elektronik iklan media luar ruang dan iklan media lini bawah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Dan hasil penelitian melalui proses pengolahan data mengenai pengaruh media iklan terhadap keputusan pembelian secara simultan diperoleh adjusted R square 0 229 nilai Fhitung 8 371 dengan nilai sig F 0 00 maka secara simultan variabel iklan media cetak iklan media elektronik iklan media luar ruang dan iklan media lini bawah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Saran yang bisa dikemukakan oleh peneliti yaitu untuk media promosi yang dominan yaitu iklan media cetak dan media promosi yang kurang dominan yaitu iklan media lini bawah agar supaya ditingkatkan secara bersama-sama sehingga bisa meningkatkan penjualan dan tujuan perusahaan tercapai. Berdasarkan penelitian ini terbukti ada faktor lain yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam membeli Suzuki Shogun untuk itu perusahaan perlu melakukan penelitian lebih lanjut terhadap konsumen tentang kelemahan produk-produknya sehingga perusahaan akan mengetahui keluhan-keluhan dari konsumen dan dapat melakukan perbaikan-perbaikan terhadap produknya dari hasil peneltian tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30076

Actions (login required)

View Item View Item