Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan berpindah merek deterjen (studi pada ibu rumah tangga di perumahan Bumi Ardimulyo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang) / Nurlaily Hawa Ekawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan berpindah merek deterjen (studi pada ibu rumah tangga di perumahan Bumi Ardimulyo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang) / Nurlaily Hawa Ekawati

Nurlaily Hawa Ekawati (2009) Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan berpindah merek deterjen (studi pada ibu rumah tangga di perumahan Bumi Ardimulyo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang) / Nurlaily Hawa Ekawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perilaku konsumen mempunyai peranan penting dalam mengambil suatu keputusan pembelian. Perilaku konsumen tersebut antara lain strategi pemasaran pribadi dan psikologis. Banyaknya permintaan akan suatu produk juga akan diikuti dengan banyaknya penawaran begitu juga yang terjadi dengan industri deterjen. Keberadaan deterjen sekarang ini begitu sangat dibutuhkan terutama dalam rumah tangga. Besarnya pengaruh perilaku konsumen dalam mengambil suatu keputusan bukan tidak mungkin menjadi penyebab terjadinya berpindah merek (Brand Switching). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan perilaku konsumen terhadap keputusan berpindah merek deterjen. penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan data yang diperoleh menggunakan angket tertutup. Sampelnya adalah 100 Ibu rumah tangga di Perumahan Bumi Ardimulyo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang yang mengkonsumsi dan yang pernah berpindah merek deterjerjen dalam setiap penggunaannya. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik kuota. Variabel yang diangkat dalam penelitian ini yaitu perilaku konsumen sebagai variabel bebas (X) yang meliputi strategi pemasaran (X1) pribadi (X2) dan psikologis (X3). Sebagai variabel terikat (Y) yaitu keputusan berpindah merek deterjen. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS for Windows 10.0 dengan taraf signifikansi 5%. Setelah melalui proses pengolahan data dan analisis regresi linier berganda diketahui hasil penelitian yang menyatakan bahwa (1) nilai b1 0 300 nilai t 3.351 dan signifikansi t 0 001 membuktikan bahwa pengaruh variabel strategi pemasaran terhadap keputusan berpindah merek deterjen signifikan atau dapat dipercaya (2) nilai b2 -0 280 nilai t -3.175 dan signifikansi t 0 002 membuktikan bahwa pengaruh variabel pribadi terhadap keputusan berpindah merek deterjen signifikan atau dapat dipercaya (3) nilai b3 1 132 nilai t 16.392 dan signifikansi t 0 000 membuktikan bahwa pengaruh variabel psikologis terhadap keputusan berpindah merek deterjen signifikan atau dapat dipercaya sedangkan pengaruh simultan terbukti dengan signifikansi dengan nilai F 160.546 dengan signifikansi F 0 000. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) ada pengaruh signifikan antara strategi pemasaran terhadap keputusan berpindah merek deterjen pada Ibu rumah tangga di Perumahan Bumi Ardimulyo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang (2) ada pengaruh signifikan antara pribadi terhadap keputusan berpindah merek deterjen pada Ibu rumah tangga di Perumahan Bumi Ardimulyo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang (3) ada pengaruh signifikan antara psikologis terhadap keputusan berpindah merek deterjen pada Ibu rumah tangga di Perumahan Bumi Ardimulyo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang (4) dari ketiga variabel bebas secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan berpindah merek deterjen (5) psikologis adalah variabel yang dominan mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengambil keputusan berpindah merek deterjen. Saran yang bisa diberikan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama melaksanakan penelitian ini adalah (1) diketahui bahwa kualitas deterjen menjadi prioritas utama responden dalam memilih deterjen. Dengan penemuan ini diharapkan produsen bisa benar-benar memperhatikan kualitas salah satu cara misalnya dengan cara memberi inovasi secara terus menerus terhadap produknya serta dapat menginformasikan produknya dengan lebih menarik lagi dengan harapan dapat menarik dan mempertahankan konsumennya (2) dalam penelitian ini psikologis responden sangat berpengaruh dalam mengambil keputusan berpindah merek. Dengan kejadian ini alangkah baiknya jika produsen dapat menginformasikan dan lebih mendekatkan lagi produknya dengan cara yang berbeda dan lebih personal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30072

Actions (login required)

View Item View Item