Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, pemanfaatan media sosial, pembelajaran kewirauasahaan terhadap minat berwirausaha dengan motivasi sebagai vaariabel intervening / SYF. INE ALFIOTA - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, pemanfaatan media sosial, pembelajaran kewirauasahaan terhadap minat berwirausaha dengan motivasi sebagai vaariabel intervening / SYF. INE ALFIOTA

Alfiota, Syf. Ine Alfiota (2023) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, pemanfaatan media sosial, pembelajaran kewirauasahaan terhadap minat berwirausaha dengan motivasi sebagai vaariabel intervening / SYF. INE ALFIOTA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Alfiota Syf Ine. 2023. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Pemanfaatan Media Sosial Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang Pembimbing Putra Hilmi Prayitno S.Pd. M. Pd. Kata Kunci Status Sosial Ekonomi Orang Tua Pemanfaatan Media Sosial Pembelajaran Kewirausahaan Minat Berwirausaha Motivasi Mengurangi angka pengangguran pada lulusan sarjana terdapat berbagai upaya salah satunya yaitu menjadi seorang wirausahawan. Menjadi seorang wirausahawan berawal dari minat berwirausaha yang dimiliki oleh masing-masing individu. Minat berwirausaha ini dapat timbul karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhi baik itu faktor internal maupun faktor eksternal dari seseorang. Sehingga dalam hal ini minat seseorang tidak muncul begitu saja melainkan tumbuh dan berkembang dari faktor-faktor yang mempengaruhinya misalnya yaitu status sosial ekonomi orang tua pemanfaatan media sosial pembelajaran kewirausahaan dan motivasi dalam berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dimulai dari uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Selanjutnya analisis Structural Equation Model (SEM) yang dilakukan dua tahap yaitu uji measurement model (convergent validity discriminant validity composite realibility AVE Cronbach rsquo s Alpha) dan uji structural model (R-Square Q-Square F-Square) dan terakhir uji hipotesis. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai koefisien jalur sebesar 0 029 dan nilai t-statistik sebesar 0 190 lebih kecil dari nilai t-tabel 1 96 variabel pemanfaatan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai koefisien jalur sebesar 0 159 dengan nilai t-statistik sebesar 2 474 lebih besar dari nilai t-tabel 1 96 variabel pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0 351 dan nilai t-statistik sebesar 4 999 lebih besar dari nilai t-tabel 1 96 variabel status sosial ekonomi orang tua melalui motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai koefisien jalur sebesar 0 102 dan nilai t-statistik 0 252 lebih kecil dari nilai t-tabel 1 96 variabel status sosial ekonomi oranag tua tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi dengan nilai koefisien jalur sebesar 0 098 dan nilai t-statistik sebesar 0 183 lebih kecil dari nilai t-tabel 1 96 variabel pengaruh pemanfaatan media sosial melalui motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai koefisien jalur sebesar 0 153 dan nilai t-statistik 3 145 lebih besar dari nilai t-tabel 1 96 variabel pemanfaatan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi dengan nilai koefisien jalur sebesar 0 355 dan nilai t-statistik sebesar 5 019 lebih besar dari nilai t-tabel 1 96 variabel pembelajaran kewirausahaan melalui motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai koefisien jalur sebesar 0 435 dan nilai t-statistik 3 640 lebih besar dari nilai t-tabel 1 96 variabel pembelajaran kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi dengan nilai koefisien jalur sebesar 0 562 dan nilai t-statistik sebesar 7 314 lebih besar dari nilai t-tabel 1 96 dan variabel motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha 0 431 dan nilai t-statistik sebesar 4 815 lebih besar dari niai t-tabel 1 96. Adapun saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini yaitu bagi mahasiswa hendaknya dapat terus memperkuat motivasi berwirausaha dan dapat menggunakan media sosial secara optimal. Sedangkan bagi Universitas Negeri Malang diharapkan dapat lebih sering mengadakan berbagai cara terkait kewirausahaan misalnya yaitu seminar yang berkaitan dengan wirasuaha. Sehingga nantinya mahasiswa dapat lebih memiliki wawasan yang luas terkait dunia wirausaha. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan sampel dan berbagai faktor lain diluar penelitian ini yang berhubungan pada minat berwirausaha pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300696

Actions (login required)

View Item View Item