Pengaruh kemudahan dan discount pada ovo terhadap perilaku impulse buying pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2016 universitas negeri malang / Abdul Aziz - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemudahan dan discount pada ovo terhadap perilaku impulse buying pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2016 universitas negeri malang / Abdul Aziz

Aziz, Abdul Aziz (2023) Pengaruh kemudahan dan discount pada ovo terhadap perilaku impulse buying pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2016 universitas negeri malang / Abdul Aziz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada era digitalisasi yang semakin maju kita dapat melihat adanya perubahan perilaku di berbagai lapisan masyarakat yang mengadopsi teknologi informasi terutama dalam hal pembelian secara online. Kemajuan teknologi informasi telah memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari mereka termasuk dalam proses pembelian. Masyarakat telah mengalami perubahan dalam pola belanja mereka sejak adanya pembelian secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kemudahan penggunaan dan diskon e-wallet OVO dalam kaitannya dengan perilaku impulse buying. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang berjumlah 149 mahasiswa. Sampel dihitung dengan menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh sample sebanyak 109 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan data premier yang didapatkan dari penyebaran kuisioner yang berhubungan dengan masing-masing variable. Pengujian instrumen yang digunakan adalah Uji Validitas dan Uji Realibiltas Analisis data yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik yang meliputi uji normalitas uji multikolinieritas dan uji heteroskedasititas. Untuk menguji hipotesis peneliti menggunakan Uji Parsial(Uji T) dan Uji Simultan(Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi tentang kemudahan penggunaan pada e-wallet ovo tidak berpengaruh terhadap perilaku impulse buying. Hal ini tidak mengkonfirmasi kebenaran teori Technology Acceptance Model (TAM). Penyebab tidak adanya pengaruh ini dikarenakan responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa. Mahasiswa mempunyai tingkat usia dan kemampuan dalam mengaplikasikan teknologi yang relatif sama sehingga faktor kemudahan penggunaan teknologi tidak terlalu mempengaruhi perilaku mereka dalam melakukan transaksi. Penelitian ini juga mengkonfirmasi bahwa persepsi tentang diskon pada e-wallet OVO berpengaruh positif terhadap perilaku impulse buying. Hal ini sejalan dengan teori yang dikemukakan oleh erfandi. Adanya pengaruh ini dikarenakan semakin banyak diskon yang ditawarkan akan meningkatkan minat individu untuk berperilaku impulse buying. Penelitian ini juga menunjukkan persepsi tentang kemudahan penggunaan dan diskon pada e-wallet OVO berpengaruh positif terhadap perilaku impulse buying. Hal ini didukung oleh teori yang dikemukaan oleh Schiffman amp Kanuk. Adanya pengaruh ini dikarenakan dua faktor yaitu kemudahan penggunaan dan diskon menarik minat mereka dalam berperilaku impulse buying.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300695

Actions (login required)

View Item View Item