Penanaman nilai-nilai kewirausahaan melalui program kampung wirausaha online gogolatar blitar / Fatma Awaliya Beauty Nisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penanaman nilai-nilai kewirausahaan melalui program kampung wirausaha online gogolatar blitar / Fatma Awaliya Beauty Nisa

Nisa, Fatma Awaliya Beauty Nisa (2021) Penanaman nilai-nilai kewirausahaan melalui program kampung wirausaha online gogolatar blitar / Fatma Awaliya Beauty Nisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas prospek berwirausaha secara online kedepannya dapat mengalahkan berwirausaha secara konvensional karena pergeseran selera konsumen yang didukung oleh fasilitas internet yang semakin hari semakin berkembang pesat dan mencapai pelosok negeri. Komunitas Bukalapak Blitar bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Blitar merancang program untuk menindaklanjuti kesempatan tersebut dengan menciptakan program Kampung Wirausaha Online sebagai salah satu upaya untuk menciptakan masyarakat yang mampu berwirausaha secara online melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Nilai-nilai kewirausahaan yang dimiliki oleh wirausaha online dapat mempengaruhi kinerja dalam berwirausaha termasuk dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan kemampuan wirausaha online dalam menghadapi fluktuasi perekonomian. Oleh karena itu menanamkan nilai-nilai kewirausahaan yang harus dimiliki wirausaha online dinilai sebagai upaya yang penting dalam menciptakan seorang wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai kewirausahaan yang ditanamkan dan upaya yang dilakukan dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan melalui program Kampung Wirausaha Online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan dengan tahapan yaitu tahap pra-lapangan tahap lapangan taha]p analisis data dan penulisan laporan. Instrumen penelitian adalah peneliti kamera audio rekaman pedoman observasi dan pedoman wawancara. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan melakukan observasi wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pengurus Komunitas Bukalapak Blitar yang merupakan mentor program Kampung Wirausaha Online. Analisis data menempuh tahapan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data penelitian dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dengan melakukan wawancara mendalam kepada sumber yang berbeda dengan teknik yang sama. Hasil penelitian memaparkan bahwa nilai-nilai kewirausahaan yang ditanamkan pada wirausaha online oleh Komunitas Bukalapak Blitar melalui program Kampung Wirausaha Online diantaranya yaitu tekad yang kuat konsisten memahami pasar tidak takut masalah berani menghadapi resiko kreatif dan inovatif berpikiran terbuka bekerja keras memiliki target berorientasi kedepan serta cepat mengambil keputusan. Upaya menanamkan nilai-nilai kewirausahaan melalui Program Kampung Wirausaha Online dilaksanakan dengan kegiatan nonformal. Upaya menanamkan nilai-nilai kewirausahaan yang dilaksanakan dalam Program Kampung Wirausaha Online diawali dengan membuka pola pikir melalui kegiatan sharing session memanfaatkan adanya komunitas kegiatan berbagi saling berkolaborasi belajar melalui kegiatan kopi darat (kopdar) mentoring dan pelatihan serta menentukan role model dan melakukan evaluasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300694

Actions (login required)

View Item View Item