Kajian analisis kendala dan implementasi kurikulum merdeka (studi kasus intrinsik di sma negeri 1 singosari) / TITIK SRIWATI - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian analisis kendala dan implementasi kurikulum merdeka (studi kasus intrinsik di sma negeri 1 singosari) / TITIK SRIWATI

Sriwati, Titik Sriwati (2023) Kajian analisis kendala dan implementasi kurikulum merdeka (studi kasus intrinsik di sma negeri 1 singosari) / TITIK SRIWATI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Analisis ini di latarbelakangi untuk memastikan implementasi Kurikulum Merdeka berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan dan konteks masing-masing sekolah. Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik. Satuan pendidikan yang ingin menerapkan Kurikulum Merdeka dapat menggunakan struktur Kurikulum Merdeka dalam mengembangkan kurikulum satuan pendidikannya dan menerapkan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dalam melaksanakan pembelajaran dan asesmen. Masa transisi ini dapat memerlukan waktu dan upaya yang cukup besar untuk memastikan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan dan konteks masing-masing sekolah. Oleh karena itu tinjauan Kurikulum Merdeka di Masa Transisi pada SMA Negeri 1 Singosari dilakukan untuk memastikan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui (1) Apa kendala dalam peralihan kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Singosari (2) Untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Singosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus intrinsik dan berlokasi di SMA Negeri 1 Singosari. Sumber data penelitian ini menggunakan purposive sampling. Data primer diperoleh dari hasil studi pendahuluan dan observasi wawancara kuesioner maupun dokumentasi sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen pendukung lainnya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data Miles and Huberman dan Spradley. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala dalam peralihan kurikulum di SMA Negeri 1 Singosari terdapat mindset guru dan siswa yang perlu dirubah Pengoperasian dan pemanfaatan teknologi digital pada guru dan dampak pasca pandemi covid-19 yang dialami siswa memiliki pengaruh signifikan terhadap implementasi kurikulum merdeka sedangkan implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Singosari terdapat pembelajaran diferensiasi yang masih belum terakomodasi dengan baik dan proyek penguatan profil pelajar pancasila yang sudah diterapkan dengan baik dalam meningkatkan karakter dan potensi pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300693

Actions (login required)

View Item View Item