Korean wave, perilaku konsumtif para digital native perempuan / Amanda Vardha Aulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Korean wave, perilaku konsumtif para digital native perempuan / Amanda Vardha Aulia

Aulia, Amanda Vardha Aulia (2023) Korean wave, perilaku konsumtif para digital native perempuan / Amanda Vardha Aulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan zaman menyebabkan negara lain berlomba-lomba untuk memperkenalkan budaya mereka ke dalam pasar Indonesia. Hal ini menyebabkan terjadinya pergeseran budaya. Remaja hingga dewasa yang dapat disebut sebagai digital native mulai mengenal dan menyukai budaya luar khususnya Korea Selatan. Peristiwa ini menyebabkan para digital native di Indonesia yang menyukai budaya Korea (Korean wave) semakin marak untuk mengkonsumsi produk-produk yang berkaitan dengan Korean wave seperti makeup hiburan makanan hingga style. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pergeseran budaya Korean wave di kalangan para digital native di Kota Malang dan perilaku konsumtif yang timbul setelah terjadinya pergeseran budaya tersebut. Hal ini ditinjau dari kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh digital native dalam melakukan pembelian produk-produk Korea Selatan. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan penelitian berupa kualitatif yang bersifat interpretif dan merupakan jenis penelitian studi kasus intrinsik. Komponen yang diamati dalam penelitian ini adalah rutinitas para digital native yang merupakan penggemar Korean wave dalam melakukan pembelian produk-produk yang berkaitan dengan kegemarannya tersebut. Sehingga dengan adanya penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah dengan adanya perkembangan budaya Korean wave di Indonesia menyebabkan mereka berperilaku impulsive buying hedonisme atau shopaholic. Data yang digunakan oleh peneliti merupakan data primer dan sekunder yang meliputi catatan hasil wawancara observasi lapangan hasil kuesioner studi literatur dan digital serta hasil penelitian terdahulu. Selain itu Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Spradley dan analisis Miles amp Huberman. Setelah melakukan penelitian peneliti menemukan hasil berupa 1) Pergeseran budaya Korean wave menyebabkan para digital native di Kota Malang cenderung menyukai mengikuti dan mengkonsumsi produk-produk yang berkaitan dan berasal dari Korea Selatan. Hal ini menyebabkan mereka cenderung melupakan budaya lokal dan meninggalkan produk-produk yang diproduksi oleh negeri sendiri 2) Perilaku konsumtif yang timbul setelah terjadinya pergeseran budaya Korean wave adalah para digital native paling banyak bersifat impulsive buying karena mereka cenderung berbelanja produk Korea Selatan secara spontan dan sebab dorongan yang kuat dari diri sendiri. Namun beberapa digital native juga bersifat hedonisme dan shopaholic hal ini disebabkan mereka berbelanja hanya demi kesenangan sehingga merasa kecanduan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300691

Actions (login required)

View Item View Item