Pengaruh kecerdasan emosional dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar terhadap hasil belajar siswa kelas xi ips sma negeri 5 malang / Sefira Oktavia Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan emosional dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar terhadap hasil belajar siswa kelas xi ips sma negeri 5 malang / Sefira Oktavia Anggraeni

Anggraeni, Sefira Oktavia Anggraeni (2023) Pengaruh kecerdasan emosional dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar terhadap hasil belajar siswa kelas xi ips sma negeri 5 malang / Sefira Oktavia Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggraeni Sefira Oktavia. 2023. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang. Pembimbing Putra Hilmi Prayitno S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Kecerdasan Emosional Teman Sebaya Hasil Belajar Hasil belajar merupakan salah satu faktor penting dalam pembelajaran karena menggambarkan pemahaman yang dimiliki oleh peserta didik. Peimbeilajaran adalah proiseis di mana guru siswa dan koimunikasi timbal balik teirjadi untuk meincapai tujuan peindidikan. Tujuan pembelajaran sendiri dapat dikatakan tercapai apabila memberikan perubahan yang lebih baik kepada peserta didik dan diharapkan dari adanya perubahan tersebut. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh faktor internal seperti kecerdasan emoisonal dan faktor eksternal seperti lingkungan teman sebaya. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kecerdasan emosional dan lingkungan teman sebaya mempengaruhi hasil belajar peserta didik serta bagaimana kecerdasan emosional dengan lingkungan teman sebaya mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Untuk eksplanasi pendekatan kuantitatif digunakan yang mencakup angka dan analisis hubungan antar variabel. Pada penelitian ini sampel terdiri dari 101 peserta didik yang diambil dari empat kelas yang tersebar dan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling serta teknik pengambilan data mengggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data dihitung menggunakan Software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memengaruhi hasil belajar secara positif dan signifikan berdasarkan nilai Original Sample Estimate sebesar 0.600 dan nilai t-statistic 12.597 gt nilai t-table 1.984 lingkungan teman sebaya juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar berdasarkan nilai Original Sampel Estimate sebesar 0.540 dan nilai t-statistik 11.373 gt nilai t-table 1.984 serta kecerdasan emosional dan lingkungan teman sebaya berpengaruh atau memiliki kemampuan variansinya terhadap hasil belajar sebesar 0.960 atau 96% yang dilihat dari nilai R-Squarenya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300685

Actions (login required)

View Item View Item