Savi vs tbl untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ekonomi / Anita Rahmawati Dwi Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Savi vs tbl untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ekonomi / Anita Rahmawati Dwi Saputri

Saputri, Anita Rahmawati Dwi Saputri (2023) Savi vs tbl untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ekonomi / Anita Rahmawati Dwi Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah ditandai dengan kurangnya respon siswa saat proses pembelajaran dan kesulitan siswa dalam pemecahan masalah serta capaian nilai pada pembelajaran ekonomi yang dibawah kriteria ketuntasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan keefektifan penerapan model pembelajaran SAVI dan TBL. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif metode eksperimen. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa penggunaan model pembelajaran secara efektif dapat mendorong siswa untuk berpartisipasi lebih aktif di kelas dan kemampuan berpikir kritis mereka meningkat. Dari hasil uji independent sampels t-test dan uji N-Gain ditemukan bahwa penerapan SAVI dapat meningkatkan indikator Advance Clarification Basic Decision dan Inference dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis kemudian pada TBL indikator Advance Clarification Basic Clarification Inference Strategies Tactics serta Basif for Decision. Perlu adanya penelitian lebih lanjut terkait model TBL dalam meningkatkan kompetensi lainnnya yang diperlukan pada abad ke-21 yaitu ldquo The 4Cs rdquo .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300676

Actions (login required)

View Item View Item