Pengaruh brand image produk terhadap keputusan pembelian melalui sikap konsumen dalam membeli pembalut wanita merek Laurier (studi pada mahasiswa di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang) / Dian Erfina Nur'aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh brand image produk terhadap keputusan pembelian melalui sikap konsumen dalam membeli pembalut wanita merek Laurier (studi pada mahasiswa di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang) / Dian Erfina Nur'aini

Dian Erfina Nur'aini (2009) Pengaruh brand image produk terhadap keputusan pembelian melalui sikap konsumen dalam membeli pembalut wanita merek Laurier (studi pada mahasiswa di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang) / Dian Erfina Nur'aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada era globalisasi seperti sekarang ini yang ditandai dengan perkembangan ekonomi dan kemajuan teknologi disegala bidang memunculkan persaingan di dalam dunia usaha. Setiap perusahaan dituntut untuk dapat menciptakan keunggulan kompetitif yang berkesinambungan dalam menghadapi semakin banyaknya para pesaing yang bergerak dalam industri yang sama sehingga dapat bertahan atau bahkan memenangkan persaingan guna kelangsungan hidup perusahaan. Salah satu cara untuk meraih keunggulan kompetitif yang berkesinambungan adalah dengan membentuk brand image (citra merek) yang baik di mata konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh langsung brand image terhadap sikap konsumen pengaruh langsung sikap konsumen terhadap keputusan pembelian dan pengaruh tidak langsung brand image terhadap keputusan pembelian melalui sikap konsumen. Penelitian memiliki tiga variabel yaitu variabel bebas brand image variabel intervening sikap konsumen dan variabel terikat keputusan pembelian. Populasi penelitian ini tergolong infinite yaitu populasi yang tidak diketahui dengan pasti jumlahnya. Pengambilan sampel dilakukan dengan menerapkan multy stage sampling dengan sampel sebanyak 113 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan analisisnya menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara jenis-jenis asosiasi merek terhadap sikap konsumen dalam membeli pembalut wanita Laurier dengan pengaruh sebesar 0 163 (2) Terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara dukungan asosiasi merek terhadap sikap konsumen dalam membeli pembalut wanita Laurier dengan pengaruh sebesar 0 292 (3) Terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara kekuatan asosiasi merek terhadap sikap konsumen dalam membeli pembalut wanita Laurier dengan pengaruh sebesar 0 345 (4) Terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara keunikan asosiasi merek terhadap sikap konsumen dalam membeli pembalut wanita Laurier dengan pengaruh sebesar 0 270 (5) Terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara sikap konsumen terhadap keputusan pembelian pembalut wanita merek Laurier dengan pengaruh sebesar 0 427 (6) Terdapat pengaruh secara tidak langsung dan signifikan antara jenis-jenis asosiasi merek terhadap keputusan pembelian melalui sikap konsumen dalam membeli pembalut wanita Laurier dengan pengaruh sebesar 0 070 (7) Terdapat pengaruh secara tidak langsung dan signifikan antara dukungan asosiasi merek terhadap keputusan pembelian melalui sikap konsumen dalam membeli pembalut wanita Laurier dengan pengaruh sebesar 0 125 (8) Terdapat pengaruh secara tidak langsung dan signifikan antara kekuatan asosiasi merek terhadap keputusan pembelian melalui sikap konsumen dalam membeli pembalut wanita Laurier dengan pengaruh sebesar 0 147 (9) Terdapat pengaruh secara tidak langsung dan signifikan antara keunikan asosiasi merek terhadap keputusan pembelian melalui sikap konsumen dalam membeli pembalut wanita Laurier dengan pengaruh sebesar 0 115. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat diberikan antara lain (1) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa unsur brand image khususnya variabel kekuatan asosiasi merek mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap sikap konsumen. Oleh karena itu perusahaan harus mempertahankan brand image atau jika dimungkinkan meningkatkan brand image dengan cara menciptakan produk dengan mengutamakan kualitas yang sesuai dengan yang dinginkan oleh konsumen (2) Dengan semakin ketatnya persaingan dalam bisnis pembalut wanita maka Kao selaku produsen pembalut wanita merek Laurier harus tetap menjaga konsistensi merek dan selalu mengikuti setiap perubahan-perubahan yang terjadi dengan tetap menjaga keunggulan dan kekuatan merek. Dalam hal ini diperlukan adanya suatu monitoring terhadap konsep pemasaran baik itu mengenai kualitas produk inovasi produk ataupun pencarian segmen pasar yang baru sebagai salah satu cara mencari pelanggan potensial (3) Perusahaan harus aktif melakukan riset dan pengembangan produk untuk menciptakan bentuk-bentuk atau varian-varian lainnya yang dapat membedakannya dari produk pesaing supaya image pembalut wanita merek Laurier tetap melekat dibenak pelanggannya (4) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap konsumen hanya memberikan kontribusi yang kecil terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu untuk penelitian selanjutnya tentang brand image supaya lebih difokuskan dengan variabel intervening lainnya selain variabel sikap konsumen terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30067

Actions (login required)

View Item View Item