Pengembangan media pembelajaran aplikasi e-les berbasis android pada materi perdagangan internasional kelas xi ips sma brawijaya smart school / Muhammad Rudy Alamsyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran aplikasi e-les berbasis android pada materi perdagangan internasional kelas xi ips sma brawijaya smart school / Muhammad Rudy Alamsyah

Alamsyah, Muhammad Rudy Alamsyah (2023) Pengembangan media pembelajaran aplikasi e-les berbasis android pada materi perdagangan internasional kelas xi ips sma brawijaya smart school / Muhammad Rudy Alamsyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses kegiatan belajar mengajar merupakan rangkaian transfer ilmu atau proses transfer pengetahuan yang dilakukan oleh guru kepada siswa. Guru merupakan kunci penentu keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran guru harus dapat memilih metode dan media pembelajaran yang tepat agar siswa dapat memahami materi yang disajikan. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMA Brawijaya Smart School digunakan untuk mengidentifikasi masalah dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajara ekonomi diperoleh data bahwa masih diperlukannya media pembelajaran yang mendukung mata pelajaran ekonomi khususnya media pembelajaran yang bisa digunakan sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Pengembangan terdiri dari serangkaian proses untuk pengembangan produk baru. Proses ini dikenal dengan bahasa sehari-hari sebagai siklus R amp D terdiri dari banyak bagian yang dimulai dengan analisis produk yang dibuat diikuti dengan proses pengembangan pengujian produk dan terakhir tahap revisi dan penilaian untuk mengatasi kekurangan produk. Data kuantitatif dari validasi ahli media dan ahli materi media memperoleh skor 96 5% dan 90% dengan kategori sangat baik. Sehingga media pembelajaran aplikasi E-Les pada kategori ldquo sangat layak rdquo untuk digunakan sebagai alat pembelajaran. Dalam uji coba kelompok kecil diambil 8 siswa kelas XI IPS 1 secara acak. Berdasarkan penilaian kelompok kecil secara keseluruhan media memperoleh skor total 91 7% dan dalam eksperimen kelompok besar yang diikuti oleh 25 siswa dari kelas XI IPS 1. Dari uji coba kelompok besar diperoleh hasil sebesar 94 2% dengan kategori sangat baik. Sehingga media pembelajaran aplikasi E-Les pada kategori ldquo sangat layak rdquo .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300667

Actions (login required)

View Item View Item