Pengaruh motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa smk pgri 2 malang / Muhammad Solehuddin Yavi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa smk pgri 2 malang / Muhammad Solehuddin Yavi

Muhammad Solehuddin Yavi (2021) Pengaruh motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa smk pgri 2 malang / Muhammad Solehuddin Yavi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muhammad Solehuddin Yavi. 2021. Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK PGRI 2 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Kata Kunci motivasi fasilitas belajar prestasi belajar Permasalahan kualitas pendidikan yang masih merosot menjadi tandatanya besar disaat berbagai kebijakan dikeluarkan pemerintah sebagai upaya penanggulannya tentu menjadi sangat ironi. Usaha untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan sampai saat ini masih belum menemukan jalan keluar terbaik. Bahkan naiknya dana pendidikan yang tinggi ternyata juga belum bisa menjawab persoalan rendahnya prestasi belajar siswa yang menurun sejak lama. Salah satu faktor yang yang menjadi prediktor dalam mempengaruhi prestasi belajar yaitu motivasi belajar serta fasilitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa secara parsial dan secara simultan. Pengambilan data variabel motivasi dan fasilitias dilakukan melalui kuesioner penelitian yang telah diuji validitas dan relibilitas. Pengambilan data prestasi siswa diambil dari nilai siswa pada matapelajaran kewirausahaan. Sampel penelitian sebanyak 114 siswa yang dihitung menggunakan rumus Isaac dan Michael sampel diambil secara random sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda untuk melihat pengaruh parsial (uji t) dan simultan (uji F) variabel independen data yang diolah tersebut sebelumnya sudah diuji menggunakan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 43 85 persen siswa kelas XI memiliki motivasi yang rendah hanya 0 88 persen siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi. Selanjutnya sebanyak 53 51 persen siswa mengaku memiliki fasilitas belajar yang baik serta ada sebanyak 8 77 persen yang menyebutkan memiliki fasilitas belajar yang sangat buruk. Prestasi belajar siswa yang masuk kategori baik sebanyak 40 35 persen ada sebanyak 12 28 persen memiliki prestasi belajar dalam kategori sangat buruk. Hasil uji statistik secara parsial menunjukkan ada pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan sig.0 000 lt 0 05 dengan kontribusi sebesar 38 5 persen. Selanjutnya juga ditemukan pengaruh signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar dengan sig. 0 000 lt 0 05 dengan kontribusi 43 8 persen. Secara simultan motivasi belajar dan fasilitas belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan sig.0 000 lt 0 05 kontribusi secara bersama sebesar 57 8 persen dalam membentuk prestasi belajar sedangkan sebanyak 42 2 persen dipengaruhi variabel lain diluar model penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300661

Actions (login required)

View Item View Item