Perilaku konsumsi penggemar nct di kalangan mahasiswi S1 Pendidikan Ekonomi UM angkatan 2018 / Revita Yassari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Perilaku konsumsi penggemar nct di kalangan mahasiswi S1 Pendidikan Ekonomi UM angkatan 2018 / Revita Yassari</p>

Yassari, Revita (2023) Perilaku konsumsi penggemar nct di kalangan mahasiswi S1 Pendidikan Ekonomi UM angkatan 2018 / Revita Yassari</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku konsumsi yang dilakukan oleh penggemar NCT. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Melalui survei diketahui 12 orang menyatakan menyukai K-Pop dan didapatkan informan berjumlah delapan orang. Informan tersebut merupakan mahasiswi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2018. Delapan informan tersebut diketahui benar-benar sebagai penggemar NCT dilihat dari pengetahuannya tentang NCT seperti jumlah anggota lagu dan beberapa konten NCT. Data dari penelitian ini diambil menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam untuk mengetahui pengalaman informan selama menjadi penggemar NCT. Triangulasi dilakukan dengan memperoleh data dari sumber yang sama dengan teknik pengumpulan data yang berbeda. Data yang dimaksud bersumber dari merchandise yang pernah dibeli oleh informan dan atau rekam jejak konten NCT yang pernah ditonton. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswi sebagai penggemar NCT mengikuti grup order melalui aplikasi Line dimana penjual merupakan orang Korea Selatan asli. Selain itu penggemar juga membeli merchandise melalui aplikasi lainnya seperti Instagram Facebook dan Shopee. Penggemar memilih untuk menunda mengonsumsi merchandise ketika sumber daya yang dimiliki dirasa tidak mencukupi. Akan tetapi ada juga penggemar yang memotong biaya lainnya untuk tetap merealisasikan kegemarannya. Selain mengonsumsi merchandise penggemar juga menonton konten NCT dengan durasi kurang lebih 30 menit sampai dua jam. Beberapa penggemar juga hanya mengikuti vote pada NCT dan streaming konten. Penggemar NCT menunjukkan perilaku konsumsi yang bermacam-macam untuk dapat merealisasikan kegemarannya. Diharapkan di masa depan penggemar mendapatkan pendidikan literasi keuangan supaya perilaku konsumsi penggemar tetap terkontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300631

Actions (login required)

View Item View Item