Pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas pelanggan kartu pasca bayar Flexi (studi pada pengguna kartu pasca bayar Flexi di PT. Telkom Kancatel Blitar) / Ida Afianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas pelanggan kartu pasca bayar Flexi (studi pada pengguna kartu pasca bayar Flexi di PT. Telkom Kancatel Blitar) / Ida Afianti

Ida Afianti (2009) Pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas pelanggan kartu pasca bayar Flexi (studi pada pengguna kartu pasca bayar Flexi di PT. Telkom Kancatel Blitar) / Ida Afianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari banyak terbantu dan tergantung pada berbagai jenis jasa. Jasa tersebut dapat berupa jasa transportasi komunikasi hiburan dan lain-lain. Dengan adanya informasi yang akurat dan jelas maka suatu kegiatan akan berjalan dengan baik. Sudah saatnya perusahaan yang bergerak dibidang pemasaran jasa mulai berkonsentrasi dan memperhatikan kualitas jasa agar dapat menciptakan loyalitas pelanggan. Karena loyalitas pelanggan telah menjadi moving target dari setiap perusahaan yang harus dikejar agar kompetitif. Agar moving target dapat dicapai maka perlu adanya perbaikan terhadap kualitas jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas pelanggan khususnya pengguna kartu pasca bayar Flexi di PT. Telkom Kancatel Blitar secara parsial maupun simultan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Dalam rancangan tersebut agar diketahui apakah ada pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas pelanggan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat berguna bagi perkembangan dan kemajuan di PT. Telkom Kancatel Blitar. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu variabel bebas (kualitas jasa yang terdiri dari lima sub variabel yaitu bukti langsung keandalan daya tanggap jaminan dan empati). Sedangkan variabel terikatnya adalah loyalitas pelanggan. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna kartu pasca bayar Flexi terhitung mulai bulan Januari 2006 sampai dengan bulan Desember 2006 sebanyak 3.250. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0 000 yang berarti koefisien regresi signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Ada pengaruh yang signifikan kualitas jasa (bukti langsung keandalan daya tanggap jaminan dan empati) terhadap loyalitas pelanggan di PT. Telkom Kancatel Blitar. (2). Kualitas Jasa (bukti langsung keandalan daya tanggap jaminan dan empati) mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan sebesar 50 3% sedangkan 49 7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dideskripsikan dalam penelitian ini. (3). Variabel yang dominan mem-pengaruhi loyalitas pelanggan khususnya pengguna kartu pasca bayar Flexi di PT. Telkom Kancatel Blitar adalah bukti langsung. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang dapat diberikan pada PT. Telkom Kancatel Blitar adalah (1). Pihak PT. Telkom Kancatel Blitar sekiranya menyediakan kotak saran yang nantinya dari saran-saran tersebut perusahaan dapat memperbaiki pelayanan jasa yang masih kurang baik. (2). Kualitas jasa pada keandalan di PT. Telkom Kancatel Blitar rendah maka perlu ditingkatkan dengan cara memberikan kemudahan dalam pelayanan administrasi terutama yang berkaitan dengan pembayaran penagihan jaringan Flexi lebih diperluas ke pelosok desa agar kegiatan komunikasi dapat berjalan dengan lancer. (3). Kualitas jasa pada daya tanggap di PT. Telkom Kancatel Blitar rendah maka perlu ditingkatkan dengan cara menanggapi dengan ramah apa yang menjadi keluhan pelanggan pada pengguna kartu pasca bayar Flexi memberikan kejelasan informasi agar tidak terjadi kesalah pahaman. Peneliti menyarankan agar peneliti lain melakukan penelitian terhadap variabel lain yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan dengan menggunakan obyek yang berbeda dan analisis data yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30063

Actions (login required)

View Item View Item