Salsabilla, Fadia Salsabilla (2023) Pendidikan ekonomi informal dan pengelolaan keuangan pada keluarga penerima program keluarga harapan (masyarakat desa kemuning kecamatan tarik kabupaten sidoarjo) / FADIA SALSABILLA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendidikan ekonomi informal dan pengelolaan keuangan terutama pengelolaan dana bantuan pada keluarga penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Lokasi penelitian ini berada di Desa Kemuning Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo. Fokus penelitian yakni membahas 1) kondisi ekonomi keluarga penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) 2) Nilai-nilai pendidikan ekonomi yang diinternalisasikan kepada anak penerima bantuan PKH 3) Pengelolaan dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) 4) Dampak pendidikan ekonomi dan pengelolaan dana bantuan terhadap perilaku dalam hal berkonsumsi berhemat dan menabung serta peningkatan kesejahteraan keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kondisi ekonomi keluarga penerima bantuan PKH tergolong cukup walaupun upah yang diperoleh dari bekerja masih dibawah upah minimum. 2) Nilai-nilai pendidikan ekonomi yang diinternalisasikan kepada anak pada keluarga penerima bantuan PKH dilakukan orang tua melalui penjelasan secara verbal pemberian contoh secara langsung dan keteladanan. 3) Keluarga Penerima Manfaat (KPM PKH) mengelola dana bantuaannya dengan bijak yakni digunakan untuk keperluan pendidikan anak. 4) Dampak pendidikan ekonomi terhadap sikap dan perilaku anak dalam hal berkonsumsi berhemat dan menabung pada keluarga penerima bantuan PKH adalah anak menjadi semakin mandiri dan terbiasa berperilaku ekonomi yang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/300623 |
Actions (login required)
View Item |