Analisis literasi ekonomi pada pelaku usaha mikro makanan dan minuman di desa karangkates / ERIZA SHINTARA - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis literasi ekonomi pada pelaku usaha mikro makanan dan minuman di desa karangkates / ERIZA SHINTARA

Shintara, Eriza Shintara (2023) Analisis literasi ekonomi pada pelaku usaha mikro makanan dan minuman di desa karangkates / ERIZA SHINTARA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Beberapa pelaku usaha mikro makanan dan minuman di Desa Karangkates mampu mempertahankan usahanya sampai bertahun-tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menggali literasi ekonomi pada pelaku usaha mikro makanan dan minuman di Desa Karangkates dalam menjalankan usaha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi ekonomi pada pelaku usaha mikro makanan dan minuman di Desa Karangkates belum sepenuhnya baik. Proses literasi ekonomi yang kurang baik terlihat dari cara menetapkan harga yang kurang tepat terdapat pelaku usaha yang belum dapat menabung karena memiliki tanggungan cicilan tidak melakukan pencatatan keuangan beberapa pelaku usaha tidak memisahkan keuangan dan beberapa pelaku usaha menghadapi keterbatasan modal dengan mengandalkan utang mengambil uang dari tabungan bahkan menjual barang pribadi. Proses literasi ekonomi yang baik terlihat dari upaya pelaku usaha untuk memiliki prioritas menyisihkan uang untuk menghindari kehabisan modal dan untuk tabungan dan memenuhi keperluan dengan menyesuaikan kondisi keuangan. Proses literasi ekonomi pada indikator keempat sudah baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300615

Actions (login required)

View Item View Item