Persepsi siswa terhadap penggunaan ict dalam pembelajaran ekonomi: tam model analysis / Alya Rizki Rahmadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa terhadap penggunaan ict dalam pembelajaran ekonomi: tam model analysis / Alya Rizki Rahmadani

Rahmadani, Alya Rizki Rahmadani (2022) Persepsi siswa terhadap penggunaan ict dalam pembelajaran ekonomi: tam model analysis / Alya Rizki Rahmadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saat ini Information and Communication Technology (ICT) telah berkembang dengan pesat. Inovasi guru sangat dibutuhkan untuk memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran agar tidak tertinggal oleh perkembangan teknologi. Banyak manfaat yang ditawarkan teknologi informasi seperti berbagai macam ilmu pengetahuan yang dapat dengan mudah diakses selain itu motivasi belajar siswa dapat meningkat karena berbagai layanan yang disediakan dan lain sebagainya. Maka dari itu pembelajaran berbasis ICT perlu untuk dilakukan. Penyelenggara kegiatan pembelajaran berbasis ICT perlu melihat bagaimana persepsi siswa dalam menggunakan alat tersebut apakah siswa dapat menerima atau siswa lebih nyaman menggunakan metode pembelajaran konvensional. Technology Acceptance Model (TAM) oleh Davis 1989 diadopsi dan diformulakan pada hipotesis penelitian ini. Berdasarkan asumsi pada penelitian sebelumnya penelitian ini menguji factor-faktor yang mempengaruhi niat siswa dalam menggunakan ICT pada mata pelajaran ekonomi dimana selanjutnya akan mempengaruhi intensitas penggunaan teknologi oleh siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner dengan 394 responden di Madrasah Aliyah Kecamatan Jombang. Menilai model pengukuran dan structural dilakukan dengan pendekatan Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan menggunakan SmartPLS 3.0 Penelitian ini menunjukkan penerimaan positif siswa terhadap penggunaan ICT. Hal ini terlihat pada hasil hubungan yang positif dan signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung pada variabel TAM yaitu persepsi kemudahan dalam penggunaan (PEOU) persepsi kebermanfaatan teknologi (PU) sikap siswa dalam menggunakan teknologi (AT) perilaku untuk cenderung tetap menggunakan (BI) dan penggunaan sistem sesungguhnya oleh siswa (AU).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300613

Actions (login required)

View Item View Item