Perbedaan efektivitas penerapan metode computational thinking dan pbl dalam peningkatan berpikir kritis siswa kelas x sman 5 taruna brawijaya kediri pada mata pelajaran ekonomi / IRENE NOVITA SARI - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan efektivitas penerapan metode computational thinking dan pbl dalam peningkatan berpikir kritis siswa kelas x sman 5 taruna brawijaya kediri pada mata pelajaran ekonomi / IRENE NOVITA SARI

Sari, Irene Novita Sari (2023) Perbedaan efektivitas penerapan metode computational thinking dan pbl dalam peningkatan berpikir kritis siswa kelas x sman 5 taruna brawijaya kediri pada mata pelajaran ekonomi / IRENE NOVITA SARI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan pada abad 21 ini telah memunculkan corak ketrampilan berpikir. Pentingnya ketrampilan berpikir ini disinyalir menjadi tuntutan pengembangan sumber daya manusia. Guna mencapai tujuan tersebut kurikulum Indonesia telah melakukan penyesuaian pembelajaran dengan perkembangan zaman. Dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah dalam era saat ini diharapkan peserta didik dapat untuk berpikir kritis dan melatih ketrampilan untuk menyelesaikan sebuah masalah serta memperoleh pengetahuan dan konsep dari materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat perbedaan efektivitas metode pembelajaran computational thinking dan PBL dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 5 Taruna Brawijaya Kediri pada pembelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dan menggunakan desain nonequivalent control group dan quasi-experimental design dengan pre-test dan post-test. Menurut temuan penelitian penerapan metode computational thinking dinilai lebih efektif memiliki N-Gain Score 79 75% dan menunjukkan kategori efektif sementara pembelajaran dengan metode memperoleh N-Gain Score 72 99% dengan kategori cukup efektif. Hasil tes Independent T-Test juga menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode computational thinking kemampuan berpikir kritis siswa lebih meningkat dengan memperoleh mean 88 29 sedangkan metode pembelajaran memperoleh mean 80 21. Dengan demikiam penerapan metode pembelajaran computational thinking dikatakan lebih efektif dibandingkan PBL dalam meningkatkan kapasitas siswa untuk berpikir kritis ketika belajar ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300612

Actions (login required)

View Item View Item