Analisi literasi keuangan pedagang pasar besar Kota Wisata Batu / DITA INDAH SARI - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisi literasi keuangan pedagang pasar besar Kota Wisata Batu / DITA INDAH SARI

Sari, Dita Indah (2023) Analisi literasi keuangan pedagang pasar besar Kota Wisata Batu / DITA INDAH SARI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pesatnya pertumbuhan dan perkembangan produk dan layanan keuangan telah memaksa setiap indivisu untuk membuat keputusan keuangan yang sulit. Akibatnya kebutuhan akan literasi keuangan meningkat bagi orang-orang di masyarakat dengan kestabilan finansial yang rendah. Salah satu upaya pemerintah dalam menangani masalah rendahnya tingkat literasi keuangan ini adalah melalui Organization for Economic Cooperation and Develpment (OECD) yang dalam Bahas Indonesia disebut dengan Organisai untuk Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji literasi keuangan pedagang Pasar Besar kota Wisata Batu melalui 4 aspek 1) pengetahuan tentang keuangan 2) aspek tabungan dan pinjaman 3) aspek asuransi dan 4) aspek investasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak 9 orang pedagang dengan metode teknik snowball sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui metode wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitan ini menunjukkan bahwa para pedagang di Pasar Besar Kota Wisata Batu memiliki literasi keuangan dalam kategori tingkat menengah karena mereka memiliki pengetahuan mengenai beberapa literasi keuangan namun hanya terbatas dalam beberapa jenis saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:29
Last Modified: 05 Dec 2023 06:55
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300608

Actions (login required)

View Item View Item