Pengaruh faktor budaya, kelas sosial dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian kartu prabayar Simpati / Edi Purwito - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor budaya, kelas sosial dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian kartu prabayar Simpati / Edi Purwito

Edi Purwito (2009) Pengaruh faktor budaya, kelas sosial dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian kartu prabayar Simpati / Edi Purwito. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perilaku konsumen sangatlah komplek dan dipengaruhi oleh dua faktor yakni dakator lingkungan atau eksternal dan pribadi atau internal. Perkembangan jaringan atau perusahaan di pengaruhi oleh pemahaman perusahaan tentang perilaku konsumen. Semakin perusahaan memahami perilaku konsumen semakin tepat strategi yang digunakan untuk menarik konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh faktor budaya (X1) kelas sosial (X2) dan kelompok referensi (X3) terhadap keputusan pembelian kartu prabayar Simpati (Y) baik secara parsial maupun simultan. Disamping itu pula tujuan penelitian ini untuk mengetahui antara faktor budaya kelas sosial dan kelompok referensi yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian kartu prabayar Simpati khususnya di A A Celluler Jl. Jombang No 28A Malang. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode angket dan dokumentasi. Populasinya adalah pelanggan A A Cellular Jl. Jombang No 28A Malang bulan Januari 2007. Dengan populasinya 300 pelanggan peneliti dengan rumus slovin dan teknik pengambilan sampel random sampling didapat sampel sebesar 75 pelanggan. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh faktor budaya (X1) kelas sosial (X2) dan kelompok referensi (X3) terhadap keputusan pembelian kartu prabayar Simpati (Y) maka peneliti menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis data berupa analisis deskriptif analisis korelasi dan regresi linier berganda serta uji regresi parsial pada program komputer SPSS 11.0 dengan level signifikansi kurang dari 5% didapatkan Hasil analisis data menunjukkan bahwa koefisien korelasi (R) sebesar 0 701 dengan F-hitung sebesar 22 878 serta probabilitas 0 000 diketahui juga bahwa nilai Adjust R Square menunjukkan nilai sebesar 0 470 yang berarti bahwa variabel keputusan pembelian kartu prabayar Simpati (Y) dipengaruhi sebesar 47% oleh variabel budaya (X1) kelas sosial (X2) dan kelompok referensi (X3) sedangkan sisanya 53% dipengaruhi oleh variabel yang lain diluar tiga variabel bebas yang diteliti. Untuk setiap kontribusi dari variabel kebudayaan (X1) akan mempengaruhi keputusan pembelian kartu prabayar Simpati (Y) sebesar 0 448 dengan asumsi bahwa variabel kelas sosial (X2) dan kelompok referensi (X) adalah konstan. Sedangkan untuk setiap konstribusi dari variabel kelas sosial (X2) akan mempengaruhi keputusan pembelian kartu prabayar Simpati (Y) sebesar 0 645 dengan asumsi bahwa variabel yang lain adalah konstan. Dan untuk setiap konstribusi dari variabel kelompok referensi (X3) akan mempengaruhi keputusan pembelian kartu prabayar Simpati (Y) sebesar 0 938 dengan asumsi bahwa variabel yang lain adalah konstan. Sedangkan pada analisis koefisien regresi parsial dihasilkan bahwa faktor budaya (X1) benar-benar berpengaruh terhadap keputusan pembelian kartu prabayar Simpati (Y) apabila variabel yang lain konstan. Hal ini dibuktikan dengan besarnya koefisien regresi sebesar 0 448 yang berarti variabel Y akan meningkat satu satuan jika variabel X1 bertambah 0 448 dengan nilai probabilitas sebesar 0 007 (0 007

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30058

Actions (login required)

View Item View Item