Pengaruh persepsi bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk XL bebas (studi pengguna XL bebas di Kota Malang) / Royan Purwo Istanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk XL bebas (studi pengguna XL bebas di Kota Malang) / Royan Purwo Istanto

Royan Purwo Istanto (2009) Pengaruh persepsi bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk XL bebas (studi pengguna XL bebas di Kota Malang) / Royan Purwo Istanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengan berkembangnya kegiatan pemasaran dunia modern persaingan dunia bisnis semakin meningkat. Kondisi semakin menuntut para pemasar untuk berpikir lebih keras untuk mempertahankan produknya di pasar. Berpijak pada kondisi seperti ini para pemasar menggunakan berbagai strategi Marketing Mix. Salah satunya adalah dengan bauran promosi untuk memberikan informasi pada konsumen mengenai keberadaan produknya dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Demikian pula dengan PT. Excelcomindo Pratama menggunakan bauran promosi yang meliputi periklanan promosi penjualan hubungan masyarakat penjualan personal dan pemasaran langsung dalam mempromosikan XL Bebas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada pengguna produk XL Bebas di kota Malang selam tahun 2006. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriftif dan explanatory dengan rancangan tersebut akan dapat diketahui apakah ada pengaruh antara bauran promosi baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas bauran promosi (periklanan promosi penjualan hubungan masyarakat penjualan personal dan pemasaran langsung) secara berturut-turut disebut sebagai X1 X2 X3 X4 X5. Sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian konsumen yang disebut sebagai Y. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang membeli atau menggunakan XL Bebas di kota Malang. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling dengan jumlah responden 100 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup atau kuisioner. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan antara periklanan dengan keputusan pembelian konsumen nilai ini ditunjukkan dengan nilai B1 0 025 nilai beta 0 15 nilai t 2 148 dengan tingkat signifikansi 0 015. (2) ada pengaruh yang signifikan antara promosi penjualan dengan keputusan pembelian konsumen nilai ini ditunjukkan dengan nilai B2 0 134 nilai beta 0 430 nilai t 4 874 denagn tingkat signifikansi 0 000. (3) ada pengaruh yang signifikan antara hubungan masyarakat dengan keputusan pembelian konsumen nilai ini ditunjukkkan dengan nilai B3 0 82 nilai beta 0 182 nilai t 3 831 dengan tingkat signifikansi 0 020. (4) ada pengaruh yang signifikan antara penjualan personal dengan keputusan pembelian konsumen nilai ini ditunjukkan nilai B4 0 182 nilai beta 0 126 nilai t 2 699 dengan tingkat signifikansi 0 003. (5) ada pengaruh yang signifikan antara pemasaran langsung dengan keputusan pembelian konsumen nilai ini ditunjukkan dengan nilai B5 0 343 nilai beta 0 336 nilai t 0 3 58 dengan tingkat signifikansi 0 001. (6) ada pengaruh (periklanan promosi penjualan hubungan masyarakat penjualan personal dan pemasaran langsung) secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen yang ditunjukkan dengan nilai B1 0 025 B2 0 134 B3 0 282 B4 0 182 B5 0 343 dengan nilai F 225 928 dengan tingkat signifikansi 0 000. (7) promosi penjualan adalah variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen yang ditunjukkan dengan beta X3 0 430. Berdasarkan penelitian ini maka saran yang dapat diberikan adalah (1) sebaiknya XL Bebas lebih meningkatkan kegiatan promosi karena semakin banyak persaingan di bidang selluler (2) untuk penjualan personal dan pemasaran langsung lebih ditingkatkan yaitu dengan cara penjulan personal menggunakan media presentasi penjual dan pertemuan penjual langsung kepada konsumen mereka memperkenalkan produk ke pelanggan dan membentuk pemahaman terhadap produk sehingga mereka kemudian akan mencoba membelinya. Sedangkan pemasaran lansung komunikasi langsung ditujukan langsung kepada konsumen individual dengan tujuan agar pesan-pesan tersebut ditanggapi konsumen yang bersangkutan baik melalui pos telepon atau dengan datang langsung ketempat pemasar (3) periklanan sebagai bentuk promosi hendaknya pembuat iklan XL Bebas lebih kreatif lagi dalam pembuatan iklan khususnya pada elemen-elemen format seperti ukuran warna dan ilustrasi iklan (4) dari hasil kuisioner pada bagian saran banyak konsumen yang mengeluh dengan jaringan sebaiknya XL Bebas lebih memperkuat jaringannya yaitu dengan cara menambah jaringan atau tower di daerah yang sinyalnya kurang bagus atau daerah yang sinyalnya tidak ada sama sekali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30056

Actions (login required)

View Item View Item