Analisis penggunaan teknik hedging Eksposur transaksi untuk meminimalkan risiko akibat fluktuasi kurs valuta asing (simulasi pada laporan keuangan PT.Hanson International, Tbk) - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penggunaan teknik hedging Eksposur transaksi untuk meminimalkan risiko akibat fluktuasi kurs valuta asing (simulasi pada laporan keuangan PT.Hanson International, Tbk)

Kristin Mahanani (2009) Analisis penggunaan teknik hedging Eksposur transaksi untuk meminimalkan risiko akibat fluktuasi kurs valuta asing (simulasi pada laporan keuangan PT.Hanson International, Tbk). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perusahaan yang memiliki cash flows valuta asing yang relatif besar biasanya akan mempunyai risiko yang relatif tinggi pula terhadap fluktuasi kurs valuta asing. Apabila perusahaan memiliki kewajiban untuk menyerahkan asset tertentu kepada pihak lain dimana perusahaan tersebut akan menerima sejumlah uang dan pada saat yang sudah ditentukan asset tersebut memiliki nilai yang jauh dari yang diharapkan maka perusahaan tersebut akan menderita kerugian. Untuk itu diperlukan suatu mekanisme yang dapat mereduksi kerugian yang diakibatkan oleh fluktuasi kurs valuta asing salah satunya adalah dengan melakukan tindakan hedging. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme forward contract hedging dalam mengendalikan risiko akibat fluktuasi kurs dan diharapkan penggunaan teknik hedging tersebut menguntungkan bagi perusahaan. Variabel dalam penelitian ini adalah teknik hedging dengan forward contract dan eksposur transaksi. Adapun subjek penelitiannya adalah PT. Hanson International Tbk. dengan perlakuan pada laporan keuangan konsolidasi periode 2004. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis yang berhubungan dengan perhitungan pada aktiva (kewajiban) bersih perusahaan apabila dilakukan forward contract hedging. Hasil dari analisis kuantitaf ini selanjutnya dijabarkan dalam analisis kualitatif. Beberapa simpulan yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa mekanisme dalam menghedge kewajiban moneter perusahaan adalah dengan membeli forward contract valuta asing yang mendenominasi kewajibannya ini berarti PT. Hanson International Tbk. tidak lagi memiliki risiko terhadap fluktuasi kurs sampai dengan saat jatuh tempo pembayaran selain itu perusahaan juga akan memperoleh laba selisih kurs sehingga laba bersih perusahaan mengalami peningkatan. Saran yang diberikan berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu (1) bagi PT. Hanson International Tbk. sebaiknya (a) melakukan peramalan terhadap pergerakan nilai tukar sebelum memilih untuk melakukan (b) dalam mengantisipasi kurs yang memiliki volatilitas tinggi sebaiknya perusahaan memilih option contract hedging (2) bagi penelitian selanjutnya hendaknya melakukan analisis yang lebih rinci terhadap sampel yang diteliti sehingga hasil yang diperoleh lebih akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30054

Actions (login required)

View Item View Item